breaking news New

PMKRI Yogyakarta Presentasikan Program Goes To Desa

Yogyakarta, kabarnusantara.net – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Yogyakarta St. Thomas Aquinas, mempresentasikan program goes to desa di desa Banjar Asri kabupaten Kulon Progo, DIY pada Hari Senin (2/12/2016). 

Kegiatan PMKRI goes to desa ini merupakan salah satu proram yang dicanang oleh Presidium Gerakan Kemasyarakataan (PGK) sekaligus pengabdian PMKRI secara langsung kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan salah satu semboyan pro patria yang disokongnya, yaitu berpihak kepada negara. 

Presentasi program ini dilangsungkan di hadapan prangkat desa Banjar Asri yang diwakili oleh Sekertaris desa Banjar Asri, Suparyanto.

Beberapa komposisi program yang dipresentasikan diantaranya, program dalam bidang ekonomi, bidang sosial- politik dan pemerintahan, bidang kesehatan serta bidang pendidikan.

Dalam bidang ekonomi PMKRI yogyakarta menekankan pada peningkatan dan pemberdayaan usaha kecil dan menegah seperti usaha kerajinan tangan kepada masyarakat desa Banjar Asri. 

Pada bidang sosial- politik dan pemerintahan, PMKRI Yogyakarta mengutamakan pada penguatan pengelolaan administrasi pemerintahan desa Banjar Asri.

PMKRI Yogyakarta juga memfokuskan diri pada persoalan sanitasi dan higenitas masyarakat desa Banjar Asri yang merupakan representasi program dari bidang kesehatan dan bentuk kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, PMKRI Yogyakarta lebih berupaya untuk membangkitkan keterampilan Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD. 

Kehaadiran PMKRI Yogyakarta disambut baik oleh bapak Suparyanto, sekretaris desa Banjar Asri. Ia berharap agar kegiatan ini selanjutnya bermitra penuh dengan pemerintah desa Banjar Asri.

 “Saya bangga dan sangat mengapresiasi atas kehadiran teman-teman PMKRI dengan beragam tawaran program yang setidaknya sangat memberikan hal posistif bagi desa kami dan berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh teman-teman PMKRI saja tetapi bisa bermitra dengan pemerintah desa setempat”, lanjutnya. 

Risky Hadur, Presidium Gerakan Kemasyarakatan mengungkapkan“ program PMKRI goes to desa ini merupakan salah satu kontribusi positif dan langkah konkret pengabdian PMKRI kepada masyarakat menuju tatanan masyarakat yang baik. Kesusksesan program ini juga merupakan bagian yang terpisahkan dari kerja sama internal PMKRI Yogyakarta dengan beberapa pihak diluarnya”, tegas Hadur.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Yogyakarta St. Thomas Aquinas, Romualdus Lalung, juga mengungkap hal yang sama. Ia melihat kegiatan ini sebagai bentuk karya nyata PMKRI bagi masyarakat dan merupakan ranah praktis proses pembelajaran kader secara langsung dengan masyarakat. 

“Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan karya nyata PMKRI di masyarakat dan juga bentuk proses belajar kader untuk belajar secara langsung dengan masyarakat”, ungkap Lalung yang akrab disapa Baros. 

Baros juga berharap penuh agar masyarakat desa Banjar Asri dan PMKRI terus bekerjasama demi tercapainya tatatanan masyarakat yg lebih baik. (Astramus/Hip/KbN))

3 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password