breaking news New

Akibat Cuaca Buruk, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup

Karanganyar, Kabarnusantara.net – Cuaca ekstrem yang terjadi di Gunung Lawu membuat jalur pendakian terpaksa ditutup. Penutupan jalur pendakian, baik yang melalui jalur Cemoro Kandang, di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, maupun jalur Cemoro Sewu, Desa Sarangan, Magetan, Jawa Timur resmi ditutup pada dini hari tadi sekira pukul 00.30 WIB, Senin (20/12/2016).

Salah satu relawan dari Paguyuban Giri Lawu (PGL) Dwi mengatakan penutupan jalur pendakian ini terpaksa dilakukan menyusul cuaca yang semakin memburuk di lereng dan puncak Gunung yang terletak di daerah perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur ini.

Selain hujan deras disertai angin kencang menerjang, kabut tebal yang jarak pandang hanya 10 meter pun menyelimuti Gunung Lawu. Sehingga sangat berbahaya sekali bagi para pendaki. Saat jalur pendakian ditutup, dipuncak Gunung masih tersisa 7 orang pendaki. Namun, saat ini seluruh pendaki di Gunung Lawu seluruhnya sudah turun semua.

“Kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk pendakian. Kondisi sepanjang jalur pendakian anginnya sangat kencang,” ungkap Dwi dilansir dari Okezone, Selasa (20/12/2016).

Tak hanya itu, banyak sekali pohon tumbang di sepanjang jalur pendakian. Bahkan di sekitar taman cemoro sewu banyak juga yang roboh. Sehingga jalur pendakian sedikit sulit untuk dilewati.

Menurut Dwi, banyak para pendaki yang kecewa menyusul penutupan jalur pendakian. Pasalnya, menjelang pergantian tahun, puncak Gunung Lawu, menjadi salah satu tempat favorit. Dwi sendiri belum bisa memastikan sampai kapan penutupan pendakian ini diberlakukan.

“Belum tahu sampai kapan, dilihat dulu kondisi cuacannya. Saat ini kondisi di Cemoro Sewu hujan lebat disertai angin kencan masih terjadi. Bahkan kabut tebal juga turun dan mengganggu jarak pandang. Dan itu sangat berbahaya sekali,” pungkasnya.(RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password