breaking news New

Pembangunan Infranstruktur Perkeretapian di Papua

Kabarnusantara.net – Pemerintah tengah masif melakukan pembangunan infrastruktur perkeretapian. Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan yang terakhir  ujung timur Papua mendapat jatah pembangunan ini.

Mengenai Papua, Presidium Masyarakat Transportasi Indonesia Soegeng Poermono di lansir tribun.news, Kamis (22/12/2016) saat diskusi Transportasi Outlook 2017 mengatakan, ” Keputusan politik harus membangun kereta api itu demi keadilan sosial”.
Lanjutnya, sebenarnya kebutuhan kereta api di Papua tidak terlalu mendesak seperti di Jawa dan Sumatera.

Dengan jumlah penduduk yang sangat sedikit, yakni 2,5 juta jiwa, rata-rata setiap kota di Papua hanya didiami 100.000 penduduk.

Oleh sebab itu, Soegeng melihat kereta api di Papua hanya akan menjadi tontonan karena penumpangnya sedikit.

Di sisi lain, ia menambahkan, pembangunan kereta api ini sah-sah saja mengingat Papua sudah menyumbang banyak pendapatan bagi Indonesia secara keseluruhan.

“Namanya juga pemerataan, mereka tertinggal tapi lebih jaya dari kita,” kata Soegeng.

Dilansir Antara, kereta api di Papua tepatnya akan dibangun di Papua Barat dan terdiri dari tiga tahap.

Tahap pertama yakni trase Sorong Ayamaru, Manokwari Teluk Bintuni. Jalur Teluk Bintuni-Ayamaru akan dibangun belakangan karena topografi daerah tersebut pegunungan dan relatif sulit.

Secara keseluruhan, panjang trase Manokwari-Sorong mencapai 390 kilometer. Sementara target pembangunan tahap satu dan dua kereta api Papua Barat akan dilaksanakan antara tahun 2015 hingga 2019.(RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password