breaking news New

Perayaan Malam Natal di Katedral Ruteng Berlangsung Meriah dan Khidmat

RUTENG, Kabarnusantara.net -Meskipun suasana Natal diwarnai kabut dan hujan yang terus mengguyur kota Ruteng, Kabupaten Manggarai , Provinsi NTT, namun semangat umat Kristiani untuk merayakan Natal tak surut.

Perayaan Misa Malam Natal yang berlangsung mulai pukul 21:00 WITA, Sabtu, 24/12/2016 terlihat semarak dan meriah. Tampak lampu-lampu kelap-kelip menghiasi pohon Natal setinggi 2 meter di samping Altar Gereja Katedral itu. Tampak pula kandang Natal dengan hiasan ornamen yang indah berdiri kokoh di samping kanan Altar Gereja tersebut.

Kemeriahan semakin terasa ketika lagu O Holy Night dikumandangkan oleh Paduan Suara OMK Lumen Gratia Katedral Ruteng. Misa Malam Natal yang dipimpin Romo Lian Angkur, Pr  itu berlangsung khidmat dan meriah. Umat Katolik yang mengikuti perayaan Misa tersebut tampak khusyuk berdoa.

Dalam khotbahnya, Imam Projo Keuskupan Ruteng tersebut  mengatakan Natal memiliki pesan dan makna yang mendalam bagi umat Kristiani. Momentum Natal, lanjutnya, adalah peringatan Kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang lahir di kandang yang hina di kota Bethlehem 2000-an tahun yang lalu.

Bagi umat Kristiani, kelahiran Tuhan Yesus Kristus adalah wujud kasih Allah yang nyata kepada umat-Nya. Di mana Allah menjelma menjadi manusia dan tinggal di antara kita dalam diri Bayi Yesus yang lahir di palungan, di kandang yang hina.

Yesus, dalam hal ini menjadi wujud Allah yang solider, damai, sederhana, dan terlibat dalam setiap pergumulan hidup manusia.

“Dia menjadi Emanuel, Tuhan beserta kita. Dia membawa terang ke dalam kegelapan dunia. Dan Yesus Kristus itulah terang yang menghalau kegelapan,” ujarnya.

Karena itu, kata Romo Lian Angkur, dalam semangat Natal, umat Kristiani harus menjadi pelopor pembawa damai dan terang ke tengah dunia.

Sebelum Misa berlangsung, terlihat umat Katolik sudah mulai memadati gereja tersebut sejak pukul 20:00 WITA.

Aparat keamanan dari Polres Manggarai, Kodim 1612 Manggarai, dan Pol PP melakukan pembersihan seluruh sudut Gereja Katedral dan melakukan sterilisasi dari benda-benda yang mencurigakan yang dapat mengganggu berjalannya perayaan Misa Malam Natal itu.

Di lokasi parkir gereja tersebut, tampak aparat dari Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai sibuk mengatur kendaraan umat yang diparkir di halaman Gereja tersebut. (Alfan/Hip/Kbn)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password