breaking news New

Peduli Kesehatan, KESA Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Yogyakarta, kabarnusantara.net – Kelompok Studi tentang Desa (KESA) gelar pemeriksaan kesehatan gratis pada Jumat, 6 Januari 2017. Aksi tersebut  merupakan salah satu langkah yang diambil komunitas  KESA untuk  peduli pada kesehatan. 

Selama ini KESA menaruh konsentrasi penuh pada persoalan desa,  sekarang mereka memberikan perhatian serius bagi masalah kesehatan. Kegiatan sosial tersebut digelar di Rumah Fransiskus Yansen, Sapen, Timoho, Yogyakarta yang diisi dengan pemeriksaan klinis bagi semua anggota KESA dan juga terbuka bagi orang lain. 

Pemeriksaan klinis yang dilakukan berupa tensi darah dan konsultasi kesehatan oleh sahabat-sahabat KESA dari kampus Respati Yogjakarta. Tim pemeriksa kesehatan dari kampus Respati tersebut diantaranya, Maryani Nirmala, Sonia Cardoso dan Nur Utami. 

Pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan program awal tahun 2017 dari kaur pemberdayaan perempuan yang di ketuai oleh Ayu Rahayu. 

Ayu mengharapkan agar kegiatan ini bisa dilakukan lagi dalam waktu-waktu yang mendatang.

“Saya bangga dengan partisipasi kita semua, khususnya atas kerjasama yang baik antara semua anggota KESA dan atas kehadiran beberapa partisipan. Besar harapan saya kegiatan ini mampu memberi manfaat yang baik bagi kita dan bisa dilakukan secara periodik dalam waktu-waktu yang akan datang”,tutur Ayu.

Sementara itu, Maryani Nirmalam dari Respati mengapresiasi kegiatan ini. 

“Ini capaian yang mengagumkan dan patut diberi apresiasi. KESA ternyata tidak hanya fokus bicara pada masalah desa tetapi juga mampu bicara tentang kesehatan”, ungkap Nirmala mahasiswa D3 Kebinan Respati itu.

Kepala desa KESA, Polikarpus Beda melihat kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini sebagai kegiatan kreatif yang dilakukan oleh kaur Pemberdayaan Perempuan. Ia juga melihat bagaimana teman-teman perempuan diberdayakan dan mendapatkan pembelajaran, mulai dari penentuan tema kegiatan, urusan kepanitiaan dan pelaksanaannya.(Astramus Tandang/KbN)

251 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password