breaking news New

Lakukan Monitoring, Tenaga Ahli Tegaskan RKPDes Harus Selaras Dengan RPJMDes

RUTENG, KabarNusantara.net-
Tenaga Ahli pendamping desa profesional Kabupaten Manggarai melakukan monitoring ke sejumlah desa di Kecamatan Cibal Barat, Selasa 10/1/2017.

Kegiatan monitoring itu dilakukan dalam rangka memastikan apakah pembuatan Rencana  Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) 2017 selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

“Fokus kami dalam kegiatan monitoring kali ini adalah bagaimana menyelaraskan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dengan dokumen Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2017,” tegas Adel Gundabaya, Tenaga Ahli Perencanaan Partisipatif Kabupaten Manggarai, di Kantor Desa Compang Cibal, Selasa 10/1/2017.

Selain menyelaraskan RKPDes dengan RPJMDes, Adel Gundabaya mengingatkan agar RPJMDes disesuaikan lagi dengan Visi Misi dan Program Bupati Manggarai.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa kedatangan pihaknya ke sejumlah desa di wilayah itu untuk melakukan monitoring dalam rangka memastikan pembangunan di desa telah berjalan sesuai dengan amanat UU Nomor 16 2014 Tentang Desa.

“Kedatangan kami hari ini juga untuk melakukan monitoring apakah Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 sungguh-sungguh diterapkan. Kami juga mau melihat sejauh mana kegiatan di Tahun 2015 dan 2016 dilaksanakan,” ujarnya.

Khusus untuk 2016, ujarnya, kami mau cek apakah laporan SPJ tahap 2 sudah dimasukan atau belum, laporan akhir tahun pun demikian, dan bagaimana dengan perencaan tahun 2017.

Selain monitoring, pihaknya sekaligus memberikan pembekalan kepada aparat desa.

“Ini hanya bersifat pembekalan, karena intinya kami adalah pendamping. Sedangkan desa harus mencari tahu lebih banyak secara mandiri,” ujarnya.

Menurutnya, jika dibandingan dengan program PNPM sebelumnya, dulu pendamping dinamakan fasilitator, segala sesuatu difasilitasi baik dari sisi program, kegiatan dan anggaran.

“Sekarang kami hanya pendamping dan desa sendiri yang memegang hak pengelolaan Anggaran. Karena itu, Kami perlu memastikan pengelolaan anggaran desa telah sesuai dengan amanat Undang-Undang Desa,” ujarnya.

Menurut Adel, RKPDes dan Review RPJMDes dilakukan setelah Musyawarah Dusun (Musdus) dilakukan dan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

“Dan jadwal Musdus harus sudah final dilaksanakan hingga Minggu ketiga bulan Januari dan Musrenbangdes harus tuntas dibahas hingga akhir Januari,” tegasnya.

Ada pun sejumlah Tenaga Ahli yang turun melakukan monitoring di wilayah Kecamatan Cibal Barat yaitu Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa, Skolastika Muda dan Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna, Gregorius Mantur.

Mereka didampingi Pendamping Desa Kecamatan Cibal Barat, Gabriel Pouk dan Pendamping Lokal Desa, Genoveva Emerensi.

Hadir pula pada kesempatan itu, Sekretaris Desa Compang Cibal Martinus Medo, sejumlah Kaur, Kepala Dusun dan Pengurus RT. Sedangkan Kepala Desa Compang Cibal, Agustinus Haman tidak hadir dengan alasan sakit.

Menurut Martinus Medo, selama masa jabatannya Tahun 2013, Agustinus Haman tidak pernah menghadiri rapat di Tingkat Desa. (Alfan Manah/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password