breaking news New

Mengenal “Passo San Boldo” Terowongan Bertingkat

Kabarnusantara.net – Passo San Boldo atau San Boldo Pass adalah Jalan kecil yang membelah pegunungan diantara kota Trichiana & Tovena, di Negeri Pizza, Italia. Jalan yang berada di sisi selatan pegunungan Alpen ini, terletak di ketinggian 706 m diatas permukaan laut, dan memiliki panjang sekitar 17 km.

Jalanan ini selain terlihat unik dengan membelah gunung dengan terowongan ternyata menyimpan sisi yang kelam. 

Dulunya, Jalanan ini dibuat untuk tentara Austria-Hungaria pada tahun 1918 silam.  Jalanan ini dibangun dengan maksud untuk mengangkut peralatan logistik & artileri lainnya. Pembangunan jalanan ini sebenarnya cuman menggantikan jalan sebelumnya , yang punya sudut kemiringan sangat ekstrim (bisa dilihat dari topologi tanahnya).

Sisi kelam pembangunan jalanan unik ini dilakukan oleh Tawanan Perang, Wanita, Orang Tua, Anak-anak & Penduduk setempat, yang terbagi dalam 3 shift kerja. Dan hebatnya, Mereka mampu melakukannya secara non-stop hanya dalam 3 bulan atau 100 hari saja. Oleh karena itu, Jalanan ini disebut juga “Road of 100 Days” atau “Jalan 100 Hari”.

Hingga saat ini, Jalan San Boldo ini masih digunakan untuk keperluan publik. Bahkan, sering juga digunakan untuk event-event tertentu.

Hanya saja, Jalannya hanya diperuntukan satu arah, yang di atur oleh lampu merah di masing-masing ujung jalan. Selain itu, Jalanan ini hanya mampu dilewati kendaraan dengan tinggi kurang dari 3,2 m. (RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password