breaking news New

Mari Mengenal Ragam Sastra Lisan Gorontalo

Kabarnusantara.net – Tahukah, Anda? Gorontalo memiliki 14 ragam sastra lisan. Nah, mari kita coba mengenal bagian- bagian ragam sastra lisan itu.

Tuja’i

Tuja’i adalah sejenis puisi yang bersajak namun tidak terikat  oleh banyaknya baris. Tuja’i biasanya diucapkan dalam acara penghantaran (pelamaran), perkawinan, penobatan raja, mandi lemon, pemberian gelar, perigatan hari-hari besar Islam, memandikan mayat, pemakaman, dan lain-lain.

Palebohu

Palebohu adalah sejenis puisi bersajak namun tidak terikat oleh banyaknya baris. Polebohu diucapkan atau disampaikan kepada mereka yang akan memasuki era baru, seperti orang yang menikah (semacam nasihat perkawinan), di depan raja yang baru dilantik.

Tinilo

Tinilo adalah sejenis pantun yang bersajak, jumlah barisnya adalah empat dalam setiap bait. Tinilo berisi sanjungan, hiburan, doa, sejarah, ajakan, dan lain-lain. Menurut Ellyana, tinilo merupakan ragam sastra yang berbentuk syair dan dilagukan secara bersama-sama dalam upacara adat. Upacara adat yang dimaksud adalah: (1) upacara gunting rambut (aqikah), yang dalam bahasa Gorontalo disebut huntingo, (2) upacara perkawinan atau nikah, dan (3) upacara peringatan kematian yang keempat puluh hari yang dalam bahasa Gorontalo disebut tinilo pa’ita (syair yang digunakan untuk mengganti batu nisan). Adapun Tutoli, tinilo dalam pelaksanaannya terdapat empat jenis tinilo, yaitu: (1) tinilo kola-kola, yaitu tinilo yang dipakai untuk mengiringi harta antaran dari mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan, berisi sanjungan kepada mempelai laki-laki, (2) tinilo talanggeda, yaitu tinilo yang dipakai untuk mengiringi arak-arakan penjemputan raja yang baru, (3) tinilo mopopiito, yaitu tinilo untuk menidurkan raja, berisi hiburan bagi raja, (4) tinilo pa’ita, yaitu tinilo untuk orang berduka, berisi hiburan dan doa bagi keluarga yang berduka.

Mala-mala

Mala – mala adalah sejenis puisi berbentuk ajakan atau seruan. Tidak bersajak dan jumlah baris tidak ditentukan.

Taleningo

Taleningo adalah sejenis puisi yang berisi nasihat. Taleningo bersajak dan terdiri atas empat baris dalam setiap bait.

Leningo

Leningo adalah sejenis puisi yang berisi pepatah, kata-kata arif atau ungkapan yang bisa dijadikan pedoman hidup. Sejenis pantun yang bersajak dan terdiri atas empat baris dalam setiap baitnya.

Lumadu

Lumadu adalah jenis puisi yang hanya terdiri atas dua baris namun bersajak. Lumadu berisi teka¬teki, kiasan dan perumpamaan.

Bungga

Bungga adalah sejenis puisi yang tidak bersajak dan tidak terikat jumlah baris. Bungga dipakai sebagai penyemangat, seperti dalam sekelompok orang yang sedang bekerja, bungga digunakan sebagai komando penyemangat.

Bunito

Bunito adalah sejenis puisi mantra. Bonito biasa diucapkan oleh seorang dukun dalam proses penyembuhan suatu penyakit, pergi berperang, menaiki rumah baru, dan lain-lain.

Lohidu

Lohidu adalah sejenis pantun dalam bahasa Gorontalo yang bisa siperagakan oleh seorang atau dua berbalas pantun. Lohidu bisa bersajak bisa juga tidak, terdiri atas empat baris dalam setiap bait.

Pantungi

Pantungi adalah sejenis pantun dalam bahasa Indonesia, ada yang bersajak dan ada pula yang tidak bersajak, dan empat baris dalam setiap bait.

Tanggomo

Tanggomo adalah merupakan sastra bahasa Gorontalo yang diungkap secara berirama, berbentuk puisi naratif, tidak terikat oleh baris. Ragam sastra ini digubah oleh pencerita sesuai dengan konteks sosial yang ada, selain konteks sosial, bisa juga berisi sejarah masa silam ang ingin diungkap kembali atau prediksi masa yang akan datang.

Wungguli

Wungguli adalah merupakan tradisi lisan dalam bentuk prosa. Wungguli berisi hikayat, cerita, legenda, silsilah, riwayat hidup, dan lain-lain.

Pilu

Pilu adalah hampir sama dengan wungguli. Pilu berisi tentang dongeng tentang manusia, hewan, tumbuhan, dan lain-lain.

Nah, semoga hal ini bermanfaat. Jangan pernah tinggalkan budaya sendiri, karena semua bagian dari kearifan lokal yang mesti dilestarikan (RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password