breaking news New

Menko PMK: Pembangunan Perlu Kontribusi Perguruan Tinggi

Jakarta,Kabarnusantara.net-Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, mengatakan strategi pembangunan yang sedang dijalankan pemerintah saat ini, yaitu membangun dari pinggiran untuk pemerataan kesejahteraan rakyat perlu didukung.

Perguruan Tinggi sebagai lembaga yang menciptakan produk sumber daya manusia (SDM) sangat dibutuhkan. Maka peranan perguruan tinggi sangat diperlukan terutama dalam menggerakan pembangunan yang fokus mulai dari desa.

“Salah satu peranan lembaga riset dan inovasi perguruan tinggi yang dapat berkontribusi secara langsung adalah dengan mengembangkan teknologi tepat guna, yang dibutuhkan dalam menggerakan pembangunan desa,” ujar Puan Maharani dalam pemaparan materinya sebagai panelis di Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2017 di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Menko PMK menjelaskan alokasi anggaran dana desa yang semakin meningkat setiap tahun (2015: Rp20,8T ), (2016: Rp46,98 T) dan (2017: Rp 60 T), perlu dibantu dan diperkuat dengan teknologi tepat guna, yang dapat mempercepat potensi lokal untuk lebih maju, kompetitif dan berdaya saing.

Di tingkat desa, kata Puan, teknologi yang dibutuhkan merupakan tekhnologi yang berkaitan dengan pengolahan pertanian, perikanan, perkebunan, energi, transportasi, teknologi informasi, dan industri skala kecil dan menengah.

“Saat saya ke Boyolali kemarin mendampingi Presiden Joko Widodo, banyak sekali Sekolah Kejuruan yang telah mampu membuat peralatan-peralatan berteknologi maju yang juga dibutuhkan kalangan industry,” ungkapnya.

Oleh karena itu, politisi PDI-Perjuangan itu berharap perguruan tinggi mampu berinovasi, lebih maju dan mampu mewujudkan hal serupa, sesuai dengan yang diinginkan industry dan pasar kerja.

“Untuk itu, kita harus fokus menetapkan dan menghadirkan peralatan berteknologi tinggi namun sejalan dengan kebutuhan saat ini dan jangka panjang. Marilah kita bergotong royong, bekerja bersama dan bekerja keras demi memajukan bangsa Indonesia,” minta Menko PMK.

Pada kesempatan itu pula Menko PMK berharap agar Konferensi Forum Rektor Indonesia mampu menghasilkan dan melahirkan formula riset dan inovasi sebagai kontribusi untuk percepatan pembangunan nasional di masa mendatang.

“Saya berharap forum ini bias melahirkan format yang bagus dan efektif sebagai kontribusi untuk mempercepat pembangunan nasional di masa yang akan datang, terutama pembangunan di daerah,” pungkas dia. (Ervan/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password