breaking news New

Kelompok Studi Tentang Desa (KESA) Tetap Fokus Memberdayakan Desa

Yogyakarta, Kabarnusantara.net – Kelompok Studi Tentang Desa (KESA) di Yogyakarta yang selama ini fokus mengkaji masalah desa dan mengusung semangat pemberdayaan menggelar musyawarah yang ke IV pada Sabtu (11/02/2017).  

Musyawarah yang dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD”APMD” Yogyakarta ini membahas dua kegiatan penting yaitu Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Periode 2016/2017 dan Pemilihan Kepala Desa KESA periode 2017/2018. 

Ketua panitia, Egi Mansu dalam sambutannya berharap agar forum tertinggi tersebut bisa digunakan dengan sebaiknya untuk menilai kinerja kengurusan KESA priode 2016/2017. Hal itu menurutnya, bisa menjadi pertimbangan kritis untuk memilih pemimpin baru KESA yang matang dan progresif selama setahun ke depan.

“Saya berterima kasih ke semua pihak yang telah membantu meyukseskan kegiatan Musyawarah KESA ke IV ini. Harapan saya kegiatan ini bisa digunakan dengan baik untuk menilai kinerja kepengurusan KESA periode 2016/2017 sehingga kemudian bisa dijadikan landasan untuk menimbang dan memutuskan pemimpin KESA periode 2017/2018 yang matang dan progresif,”ujarnya. 

Ia juga menganggap kegiatan tersebut bisa dijadikan pelajaran berharga bagi mahasiswa yang berminat dalam dunia birokrasi. 

“Kegiatan ini juga sangat baik dijadikan pelajaran untuk teman-teman mahasiwa yang meminati dunia birokrasi atau pemerintahan” tutur Egi.

Musyawarah KESA ke IV ini berhasil memilih sudara Olan Erasmus menjadi Kepala Desa KESA periode 2017/2018 menggantikan saudara Kar Beda sebagai Kepala Desa periode 2016/2017. 

Dalam sambutanya, Kades KESA Demisioner Kar Beda, menyampaikan terima kasih kepada kepada semua pihak dan teman-teman pengurus periode 2016/2017 yang sudah berjalan bersamanya dengan setia sampai akhir masa jabatanya.

Lebih khusus ia mengucapkan terima kasih kepada ketua BPD, Ernezto Teredi; Sekretaris, Kristian Syukur; Bendahara, Yuni Jonta; Kaur Media dan Publikasi, Astramus F. Tandang; Kaur Humas, Fandry Riandu dan Kaur Pemberdayaan Perempuan, Emin Delima.

Dalam Pergantian Kepala Desa tersebut, semangat pemberdayaan Desa tetap diprioritaskan melalui strategi-strategi yang disiapkan mahasiswa. Hal itu disampaikan Kepala Desa Demisioner Kepada Kepala Desa baru KESA. 

“Saya juga mengharapkan KESA di tangan Kades yang baru bisa semakin menghidupkan semangat akan pemberdayaan masyarakat Desa agar bisa terbentuk karakter mahasiswa yang peduli dengan desa,” tegas Beda. 

Ia mengapresiasi semangat warga Desa KESA selama setahun sebelumnya dan mendorong agar semakin lebih baik dalam periode selanjutnya.  

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak dan teman-teman pengurus yang sudah membantu saya dalam satu tahun periode kepengurusan saya memipin KESA. Tentu bayak suka-duka yang sudah dialami bersama selama ini. Namun, di balik itu tentunya banyak juga pelajaran yang sudah kita petik dan miliki,” Pungkas Beda.

Kepala Desa Baru, Olan Erasmus dalam sambutanya juga mengatakan hal yang sama. Ia bersyukur atas kepercayaan masyarakat KESA yang sudah memilihnya sebagai Kades KESA yang baru.

Baginya KESA ke depan harus mampu berdiri kokoh dan mampu melahirkan kader-kader yang handal untuk desa dan Indonesia. Menurut Olan, strategi baru menjadi tantangan sekaligus hal yang harus dijawab untuk memperkokoh KESA.

“Terima Kasih buat kepercayaan masyarakat KESA yang memilih saya menahkodai KESA satu tahun ke depan. Semoga KESA ke depan semakin kokoh dan sanggup melahirkan kader-kader handal untuk desa dan Indonesia. Tentunya tantangan sekaligus hal yang harus dijawab di awal masa kepengurusan saya adalah bagaimana menciptakan strategi baru untuk memperkokoh KESA”, jelas Olan. (Astramus Tandang/Hipa/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password