breaking news New

Lantik 157 Pejabat Eselon III, Wabub Viktor Madur Tegaskan Kenali 4 Tipe Staf

​RUTENG, Kabarnusantara.net- Dalam ilmu manajemen, manusia diposisikan pada urutan pertama. Urutan itu mau menegaskan bahwa manusia adalah motor primus atau penggerak pertama dan utama dalam mewujudkan impian sebuah organisasi.

Berkaitan dengan manusia sebagai penggerak utama roda organisasi, saya mau ingatkan saudara-saudara yang baru saja dilantik, supaya saudara tahu tentang 4 tipe manusia atau dalam hal ini 4 tipe staf. Tipe pertama, staf yang mampu dan mau. Tipe kedua, staf yang mampu tapi tidak mau. Tipe ketiga, staf yang tidak mampu tapi mau. Dan tipe keempat, staf yang tidak mau dan tidak mampu. Dan tipe keempat ini yang berbahaya.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Manggarai, Drs.Victor Madur dalam sambutan pelantikan 157 pejabat Eselon III lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai, Senin, 13/2/2017, di Aula Ranaka, Kantor Bupati Manggarai.

Menurut Madur, dengan kemampuan mengenal tipe staf, selaku pemimpin kita dituntut memiliki banyak metode pendekatan.

“Jika kita menggunakan metode pendekatan yang otoriter kepada staf tipe pertama yang mau dan mampu, maka kita akan dikategorikan oleh bawahan sebagai pemimpin unit kerja yang tidak bijak,” ujarnya.

Lebih lanjut Madur mengatakan pendekatan otoriter hanya mungkin diterapkan kepada staf yang sudah tidak mampu, ditambah tidak mau.

“Staf seperti ini cocok dipimpin dengan gaya pendekatan kepemimpinan yang otoriter,” ujarnya.

Selaku pemimpin unit, ujar Madur, kita dituntut untuk memiliki sekurang-kurangnya 4 metode pendekatan.

“Sebagai pemimpin, saudara harus tahu betul tipe staf. Saudara harus memiliki banyak pilihan pendekatan untuk menggerakan mereka dalam roda organisasi. Karena itu saya ajak saudara untuk bekerja fokus, terukur dan tuntas,” tandas Madur.(Alfan Manah/KbN)

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password