breaking news New

Rayakan Valentine Day, SMPN 10 Kota Komba-Manggarai Timur Gelar Pentas Budaya

Borong, Kabarnusantara.net – Berbeda dengan biasanya dalam merayakan hari kasih sayang atau yang dikenal Valentine day, Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kota Komba Kabupaten Manggrai Timur merayakan valentine day dengan mengadakanan panggung budaya.

Panggung budaya yang digelar di halaman sekolah SMPN 10 Kota Komba ini dihadiri hampir 500 tamu undangan yang terdiri dari orang tua siswa, tokoh masyarakat dan  perwakilan guru-guru SD/SMP dari sekolah-sekolah tetangga.

Panggung budaya yang dipandu oleh pembawa acara Iwayan Rasa ini, mementaskan beragam kekayaan budaya lokal Manggarai. Diantaranya, tarian lalong tana, tarian caci, tarian tiba meka, danding, tarian jaran doka, juga beberapa tarian lainya serta drama dan  puisi.

Ketua panitia, Hendrikus Aris Man dalam sambutannya menyampaikan terima kasih bagi semua orang yang turut menyukseskan acara panggung budaya ini.

“saya berterimaksih atas semua dukungan moril maupun materil yang diberikan semua pihak dalam menyukseskan panggung budaya ini” ungkap Aris

Menurutnya, acara panggung budaya tersebut penting untuk menghadirkan lagi kearifan budaya lokal manggarai di mata generasi muda.

“Sebagai bentuk tanggapan serta motivasi kepada generasi muda yang pada zaman ini mulai melupakan muatan-muatan kebudayaan lokal Manggarai maka acara panggung budaya ini diadakan, juga sebagai bentuk representasi dari teori yang didapat di kelas melalui mata pelajaran muatan lokal (Mulok),” lanjut Aris.

Kepala Sekolah SMPN 10 Kota Komba, Benyamin Jambong dalam sambutanya juga menyampaikan hal yang sama. Baginya kegiatan panggung budaya di hari Valentine adalah sebuah kegiatan yang diadakan demi mengangkat kembli nilai-nilai serta kekayaan-kekayaan kebuadayaan lokal Manggarai agar tidak mudah tergerus zaman.

“Acara ini diadakan sebagai bentuk responsif atas perkembangan global yang membuat siswa-siswi dan anak muda generasi sekarang mulai lupa akan kebudayaannya sendiri, sehingga dengan pentas budaya semacam ini bisa membuat kebudayaan Manggrai tetap terpelihara dengan baik dan tidak mudah luntur digerus zaman”, ungkap Benyamin.

Hadir pula dalam acara ini Bapak Aufridus Tandang salah satu funding father SMPN 10 Kota Komba.

Dalam sambutanya sebagai perwakilan dari tamu undangan ia menggungkapkan  rasa haru dan bangga atas diadakannya acara panggung budaya ini. Baginya sangatlah luar biasa SMPN 10 Kota Komba yang baru berusia lima tahun dan dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana serta berbagai kekurangan lain bisa melangkah sejauh ini.

“Saya bangga dan terharu dengan perkembangan SMPN 10 Kota Komba yang dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana bisa melangkah sejauh ini yang dalam keyakinan saya ini tidak terlepas dari dukungan yang besar dari masyarakat, guru-guru dan siswa-siswi”, tutur Aufridus

Dalam kesempatan yang sama Agus Marsudin,  perwakian dari tokoh adat dan oran tua siswa, mengaku kagum dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penampilan budaya siswa-siswi SMPN 10 Kota Komba.

“Saya kagum dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada SMPN 10 Kota Komba.  Kemampuan anak-anak sangat luar biasa, ini diluar dugaan saya. Semoga hal baik ini dikembangkan terus”, cetus Agustus.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Arnoldus Oktaviaman siswa kelas satu SMPN 10 Kota Komba. Ia mengaku bangga bisa turut ambil bagian dalam acara pentas seni di hari valentine ini dan mengharapkan ke depannya semua temannya bisa merasakan kegiatan yang sama.

“Hari ini, saya bangga sekali  turut ambil bagian dalam acara pentas seni di hari valentine. Semoga semua teman-teman mendapatkan kesempatan yang sama seperti saya ke depanya’’, tutur Oktaviaman. (Astramus F. Tandang/KbN)

3 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password