breaking news New

Desa Berlistrik Ditargetkan 100% 2019, Deno Tegaskan Prioritas ADD Untuk Peningkatan Elektrifikasi

RUTENG, Kabarnusantara.net – Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus,SH,MH pada pelantikan Camat Cibal dan Cibal Barat, Kamis, 16/2/2017, di Aula Paroki Pagal, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, menegaskan agar Camat dan Kepala Desa mendukung upaya pemerintah dalam rangka 100 % desa berlistrik di Tahun 2019.

Ia menegaskan Camat menjalankan fungsi koordinasi dan pengawasannya untuk mendata semua desa yang belum terpasang jaringan listrik, berapa rumah tangga di situ. Data juga desa yang sudah terpasang jaringan listrik tetapi belum ada meteran di rumahnya.
“Karena itu akan jadi bahan data saya untuk dibicarakan dengan PLN pada akhir Februari 2017 ini, dalam rangka 100% desa berlistrik di Kabupaten Manggarai Tahun 2019,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan ada program pemasangan listrik gratis 1000 rumah tangga yang sangat miskin setiap tahun.

“Tahun 2016 ini kita sudah laksanakan dan sukses. Tahun 2017 ini akan dikerjakan,” ujarnya.

Jadi bersama PLN, ungkap Deno, di tahun 2017, kita akan membangun jaringan listrik ke 32 desa. Dan di tahun 2018 ke 57 desa. Sehingga 88 desa yang hingga hari ini belum teraliri listrik itu diharapkan tuntas pada 2019.

Ia juga menegaskan Alokasi Dana Desa dapat digunakan untuk peningkatan Elektrifikasi di desa.

“Saya sudah buat Peraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2017, di situ dituliskan salah satu prioritas penggunaan Alokasi Dana Desa adalah untuk mendukung peningkatan Elektrifikasi di desa. Lumayan kalau desa juga anggarkan pemasangan meteran listrik gratis minimal 10 rumah per tahun. Petunjuk teknis sedang kami godok,” ungkapnya.

Pemasangan listrik bagi Kepala Keluarga Miskin pada hakekatnya merupakan panggilan moral dan kemanusiaan tanpa membedakan suku, agama, dan ras.

“Saya minta perhatian khusus Camat dan Kepala Desa soal ini agar dilaksanakan tepat sasaran dan sungguh efektif untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Manggarai,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Deno melantik Camat Cibal Barat, Karolus Mance,S.Sos dan Camat Cibal, Ir.Lorensius Jelamat.(Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password