breaking news New

Bupati Deno Resmikan Pemanfaatan Bantuan Listrik Gratis Bagi 1100 KK Sangat Miskin

RUTENG, Kabarnusantara.net-Bupati Manggarai, Deno Kamelus, Jumat, 17/2/2016, di Beo Kina, Desa Golo Langkok, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, meresmikan pemanfaatan bantuan Listrik Gratis bagi 1000 kepala keluarga yang sangat miskin di Kabupaten Manggarai yang tuntas dikerjakan bersama PLN Ranting Ruteng di tahun 2016 lalu.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan peresmian ini menandakan bahwa Program Bantuan 1000 Meteran dan Instalasi Listrik Gratis Tahun 2016 bagi keluarga miskin dinyatakan sudah selesai dan tuntas. 

Disamping itu, ujar Deno, kita patut berterimakasih kepada PLN Ranting Ruteng yang juga telah membantu menuntaskan program ini dan bahkan memberikan bantuan pemasangan meteran dan instalasi listrik gratis sebanyak 100 unit bagi warga miskin di Kabupaten Manggarai. 

“Jadi total bantuan pemasangan meteran dan instalasi listrik gratis di tahun 2016 sebanyak 1100 unit,” ujarnya.

Dikatakannya, ia telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2017 yang mengatur tentang Alokasi Dana Desa bisa dimanfaatkan untuk membantu pemasangan meteran dan instalasi listrik gratis bagi keluarga yang sangat miskin. 

Menurut Deno, semua itu dilakukan Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam rangka secara nyata mengurangi proporsi penduduk miskin di Kabupaten Manggarai. 

Ia juga meminta agar program itu diintegrasikan.

“Saya minta, mari kita mengintegrasikan program ini, baik yang pusat, provinsi, Kabupaten, maupun desa. Kita satukan program ini dalam rangka menurunkan secara proporsional penduduk miskin di Kabupaten Manggarai,” ujarnya.

Baca juga: 

http://kabarnusantara.net/2017/02/16/desa-berlistrik-ditargetkan-100-2019-deno-tegaskan-prioritas-add-untuk-peningkatan-elektrifikasi/

Selain itu, Anggota DPRD NTT, Yeni Veronika Deno mengatakan dirinya bersama Bupati Deno Kamelus bertekad di tahun 2019 sudah tidak ada lagi desa yang tidak berlistrik di Kabupaten Manggarai.

Bagaimana caranya, ujar Yeni Veronika, yah dengan melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat dan provinsi. 

“Selaku Anggota DPRD, saya akan perjuangkan di Provinsi agar Manggarai diperhatikan dari sisi peningkatan elektrifikasi,” ujarnya.

Menurut Yeni, listrik sangat dibutuhkan untuk bidang kesehatan, pendidikan, pertanian dan peternakan.

Dicontohkannya, dengan adanya listrik, bantuan ternak bagi kelompok tani bisa diberikan secara paket, dengan mesin mol atau penggiling daging, mesin pengelola kompos, dan juga kotoran hewan bisa dikelola menjadi Bio Gas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Manggarai, Siprianus Jamun melaporkan bahwa pihaknya sedang melakukan pendataan dan verifikasi terhadap calon penerima bantuan Listrik Gratis di tahun 2017. 

“Di tahun 2017, kami sudah dan sedang lakukan verifikasi bagi calon penerima bantuan. Diantaranya 413 unit yang sudah terdaftar sebagai Kepala Keluarga sangat miskin calon penerima bantuan Listrik Gratis,” ujarnya.

Sedangkan pemasangan instalasi dan meteran gratis 2016 tersebar di 7 Kecamatan, 20 Desa/Kelurahan. Sementara di Desa Golo Langkok terdapat 73 rumah tangga miskin yang telah dibantu.  (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password