breaking news New

LAKIP Kabupaten Manggarai 2016 Meningkat, Deno Komit Perbaiki Kinerja di Tahun 2017

RUTENG, Kabarnusantara.net -Evaluasi terhadap Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kabupaten Manggarai dinilai cukup baik dan terus meningkat dari tahun ke tahun oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Pada tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Manggarai mendapat nilai dari Menpan RB sebesar 55,39 dan menjadi kabupaten dengan nilai LAKIP tertinggi di NTT. 

Sedangkan di tahun 2016, LAKIP Kabupaten Manggarai meningkat sedikit dengan nilai 58,69 atau masuk kategori CC atau C plus. Dengan nilai ini, Kabupaten Manggarai menempati posisi kedua setelah Kota Kupang di Provinsi NTT.

Demikian disampaikan Bupati Manggarai, Deno Kamelus, pada peresmian pemanfaatan Meteran Listrik Gratis bagi warga sangat miskin di Beokina, Desa Golo Langkok, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, Jumat (17/2/2017). 

Dijelaskan Deno, ada lima point yang dilihat Menpan RB yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja.

“Kalau ada saudara-saudara yang mau menilai kinerja pemerintah, pakai kriteria ini. Lima komponen inilah yang menjadi dasar Menpan RB memberikan penilaian kepada kita. Sehingga kita kemudian naik hasil evaluasinya dari 55,39 menjadi 58,69. Jadi naik sebesar 3,30. Kurang 1,7 untuk mendapat nilai B. Jadi nilai kita CC dan sama dengan nilai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin Ahok saat ini yaitu CC,” ungkapnya.

Ia mengatakan nilai itu merupakan akumulasi penilaian terhadap seluruh komponen manajemen kinerja di Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai yang dievaluasi. 

Evaluasi ini, ujar Deno, ditujukan untuk menilai implementasi dan pengembangan akuntabilitas kinerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam rangka mendorong terwujudnya pemerintah yang berorientasi hasil (result oriented government).

Dirinya mengakui evaluasi terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Manggarai belum memuaskan, namun pihaknya tetap bangga ada perubahan kinerja yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. 

“Karakteristik instansi CC itu akuntabilitasnya cukup baik, taat kebijakan, memiliki sistem yang dapat digunakan soal informasi kinerja untuk pertanggungjawaban,” ujarnya.

Dikatakan Deno, nilai CC yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Manggarai sama dengan nilai CC yang diperoleh Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin Ahok.

Menurut Deno, hanya ada satu Kabupaten di Indonesia yang nilainya sangat tinggi di atas 70 yaitu Kabupaten Banyuwangi.(Alfan Manah/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password