breaking news New

Guru Honorer SMA/SMK di NTT Keluhkan Ketidakjelasan Status Pengalihan ke Provinsi

KUPANG, Kabarnusantara.net –
Sejumlah guru honorer di Provinsi Nusa Tenggara Timur dikabarkan belum menerima gaji selama 2 bulan.

Salah seorang guru honorer di salah satu SMA/SMK di Borong, Manggarai Timur, Provinsi NTT, sebut saja Yohanes kepada Kabarnusantara.net, Selasa, 28/2/2017, mengatakan khusus guru honorer SMA/SMK sejak Bulan Januari 2017 belum jelas statusnya.

Pasalnya sejak dialihkan ke provinsi, hingga kini pihaknya belum kunjung memperoleh gaji bulanan.

“Sudah dua bulan belum ada titik terang apakah pihak Pemerintah Provinsi NTT mengakomodir guru honorer atau tidak. Kami berada pada situasi harap-harap cemas,” ujarnya.

Hal itu, kata Yohanes, berdampak pada kinerja guru dalam mengajar dan mendidik siswanya.

Berdasarkan data yang dihimpun Kabarnusantara.net, sekitar ribuan guru honorer SMA/SMK di NTT dikabarkan belum menerima gaji. Sedangkan guru yang berstatus PNS baru menerima gaji pada akhir Januari 2017 lalu. Total jumlah guru baik yang PNS maupun honorer di NTT mencapai angka 9000-an guru.

Pasca pelimpahan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari Kabupaten/Kota ke Provinsi, proses administrasinya belum kunjung rampung dari Kabupaten/Kota ke Provinsi.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Fransiskus Salem mengakui adanya keterlambatan ini. Pemerintah Provinsi NTT masih harus melakukan rasionalisasi anggaran di Tahun 2017 untuk mengakomodir 9000-an guru yang dialihkan ke Provinsi NTT.

Menurut Salem, Dana Alokasi Umum untuk NTT pada Tahun Anggaran 2017 hanya naik Rp 300 miliar. Padahal, dengan pengalihan guru dari Kabupaten ke Provinsi, sebetulnya NTT membutuhkan Rp. 700 miliar lebih.

Disebutkannya, DAU NTT Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp 1,3 triliun. Dan pada tahun 2017, hanya naik Rp. 300 miliar menjadi Rp 1,6 triliun. Ditambah dengan sisa penundaan DAU 2016 sehingga totalnya menjadi Rp 1,7 triliun. (Alfan Manah/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password