breaking news New

Ini Pendapat BKH Soal Anggur Merah

RUTENG, Kabarnusantara.net
Sebetulnya Anggur Merah itu program yang bagus, secara filosofis sangat bagus. Karena itu sebetulnya konsep people empowering atau pemberdayaan masyarakat dari sisi ekonomi. Dari yang lemah diberdayakan. Bagaimana diberdayakan, kita tahu Anggur Merah kan programnya dana diberikan ke desa, kemudian bergulir ke masyarakat.

Hal itu disampaikan Bakal Calon Gubernur NTT dari Partai Demokrat, Benny K. Harman dalam diskusi bersama aktivis PMKRI dan GMNI di Marga Siswa, di Ruteng, Minggu malam, 5/3/2017.

Namun, BKH menyayangkan skema program tidak berjalan seperti yang diharapkan karena mungkin masalah macam-macam yah, termasuk daya dukung semua pihak terhadap keberlangsungan program.

Menurutnya, sebagai sebuah pendekatan pembangunan, Anggur Merah itu luar biasa.

“Sebagai sebuah pendekatan pembangunan, Anggur Merah itu luar biasa. Tentu lain pemimpin, lain programnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kalau dirinya jadi maju dalam Pemilihan Gubernur NTT 2018 mendatang dan terpilih, tentu programnya lain lagi, sekalipun semangatnya sama.

Dirinya juga menyinggung soal program Mantan Gubernur NTT Ben Mboi yaitu Operasi Nusa Makmur, Operasi Nusa Hijau dan Operasi Nusa Sehat.

“Tiga program unggulan pak Ben Mboi itu terbilang sukses pada jamannya. Pendekatan programnya kan top down. Tidak cocok dengan kondisi saat ini yang pendekatannya dominan bottom up,” ujarnya.

Saat ditanya terkait program unggulannya, BKH mengatakan nanti lah yah, belum saatnya kita beberkan program.

Untuk diketahui, Anggur Merah adalah salah satu Program Unggulan Gubernur NTT Frans Lebu Raya yang kini menjabat di periode kedua kepemimpinannya. Anggur Merah merupakan singkatan dari Anggaran Untuk Rakyat Menuju Sejahtera. Dengan program ini, Gubernur NTT mengalokasikan anggaran sebesar Rp 250 juta per desa untuk digulirkan kepada kelompok ekonomi produktif dengan didampingi fasilitator program. (Alfan Manah/KbN)

161 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password