breaking news New

Belajar Kewirausahaan dari S. Elita Barbara; Dari Peluang Menjadi Keberuntungan

Keterangan Foto : Suasana Talkshow bersama dengan S Elita Barbara (Foto: Istiqomah)

Yogyakarta, kabarnusantara.net – Menumbuhkan karakter wirausaha bagi para pemuda sangatlah penting. Mengingat pasar bebas yang terjadi di Asean (baca: Masyarakat Ekonomi Asean) mengharuskan adanya daya saing yang tinggi. Baik dari kreativitas Sumber Daya Manusia maupun hasil karya yang diolah dari Sumber Daya Alamnya.

Hal ini disampaikan oleh S.Elita Barbara, Owner Elita Krudung, dalam acara Talk Show Inspiratif bertemakan “Tumbuhkan Karakter Wirausaha Muda Indonesia” di hari kedua Festival Psikologi, (07/03) kemarin. Bertempat di Interactif Center (IC) Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga, acara ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Psikologi.

Bisnis Krudung Elita ini dimulai saat ia memasuki Hijab Comunity hingga melihat peluang bahwa daya beli dikalangan mahasiswa cukup besar. Kepekaan inilah yang menghantarkan nilai jual. Dari mulai Sunday Morning Market sampai bisnisnya mulai dikenal dan bahkan di Jogja sudah memiliki toko sendiri dan memiliki ratusan reseller di seluruh Indonesia.

Kisah ini menginspirasi banyak mahasiswa. Tidak hanya mahasiswa Psikologi, dari Ilmu Komunikasi dan Sosiologi juga ikut tertarik mengikuti Talk Show Inspiratif ini. Salah satu mahasiswa sosiologi yang hadir mengaku sangat tertarik pada acara tersebut.

“Acara ini menarik. Meskipun yang ngadain mahasiswa Psikologi 2015 namun tema kewirausahaan ini juga bisa diikuti oleh mahasiswa prodi lain. Sosiologi juga bisa jadi wirausaha,” Kata Tri Mulyani, saat ditanyai pendapat tentang acara ini.

Menurutnya, acara ini juga perlu dikembangkan ke depannya. Karena, sejauh ini terlihat di FISHUM sendiri hanya komunitas Welcoming Expo (WE) yang menyelenggarakan acara serupa.

Selain itu, pihak Fakultas juga ikut mengapresiasi adanya kegiatan mahasiswa seperti ini. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya jajaran Dekanat serta LKM saat pembukaan di hari pertama, (06/03). Pihak Dekanat juga mengharapkan, festival ini bisa hadir kembali di tahun depan.

Dr. Mochamad Sodik selaku Dekan Fishum menyatakan bahwa penting untuk memiliki jiwa kewirausahaan. Karena ini menjadi salah satu sunnah bagi umat muslim.

“Nabi Muhammad mengajari umatnya dengan cara berdagang. Jadi, melatih Skill Enterpreneurship termasuk sunnah nabi,” Ujar Dekan FISHUM saat memberi sambutan.

Selain Talk Show, acara ini juga di ramaikan oleh beberapa stand, baik stand makanan maupun stand fashion seperti Krudung Elita. Festival Psikologi 2017 kali ini juga akan berlangsung selama 3 hari. Dari tanggal 6 Maret 2017 hingga tanggal 8 Maret 2107. (isti/Hip/KbN)

Kontributor: Istiqomah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password