breaking news New

Koperasi Kredit Florette Dinilai Sehat

Suasana RAT Kopdit Florette Tahun Buku 2016

RUTENG, Kabarnusantara.net
Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Manggarai menilai Koperasi Kredit Florette masuk kategori sehat dengan rentang penilaian antara 80-100.

“Kopdit kita masuk kategori Koperasi sehat dengan perolehan nilai diantara 80-100. Ini merupakan bukti bahwa koperasi telah bekerja dengan baik dalam melayani anggotanya. Dan anggota telah memenuhi hak dan kewajibannya dengan baik dengan 4.215 anggota yang berasal dari seluruh wilayah di Manggarai Raya,” ujar Ketua Badan Pengurus Kopdit Florette Periode 2016-2018, Alfred Hasman Rengka di sela-sela Rapat Anggota Tahunan di Aula Asumpta Katedral Ruteng, Sabtu, 11/3/2017.

Dikatakan Rengka, di tahun buku 2016, seluruh aspek kinerja koperasi yang dipimpinnya diaudit baik secara internal oleh badan pengawas, maupun secara eksternal oleh Puskopdit Manggarai Raya.

“Perolehan nilai diantara 80-100 dikeluarkan oleh Puskopdit dan ditandatangani Manager Puskopdit, Inocentius Peni,” ujarnya.

Ada pun aspek yang dinilai antara lain, permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, likuiditas, efisiensi, kemandirian, dan pertumbuhan serta jati diri koperasi.

“Ada 22 item yang dinilai dan tak satu pun yang memperoleh nilai minus. Dari sisi aset telah mencapai 18,3 miliar Rupiah atau melampaui target yang ditetapkan sebesar 15 miliar. Sedangkan penambahan jumlah anggota di tahun 2016 mencapai 669 anggota, sehingga total jumlah anggota mencapai 4.215 anggota. Sisa hasil usaha pun naik dari 301 juta Rupiah di tahun 2015, naik menjadi 347 juta Rupiah di tahun 2016,” ujar Rengka disambut tepuk tangan yang meriah dari ribuan anggota yang menghadiri RAT itu.

Selain itu, Manajer Kopdit Florette, Srianus Syukur mengatakan ada empat program yang direncanakan pada Tahun Buku 2016 diantaranya penataan organisasi, usaha dan permodalan, pendidikan, dan sarana serta fasilitas.

“Semua program itu berjalan baik dengan capaian yang meningkat pada semua aspeknya,” ujar Syukur.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Kopdit Florette, Tarsi Hurmali mengatakan saldo kas per 31 Desember 2016 sebesar 1,6 miliar lebih dengan ringkasan perhitungan Saldo Awal 1,5 miliar Rupiah, total penerimaaan 26,6 miliar, dan total pengeluaran sebesar 26,5 miliar. Jadi saldonya sebesar 1,6 miliar Rupiah.

“Dari aspek likuiditas, Kopdit Florette disebut sehat bila saldonya mencapai 10 hingga 15% dari total simpanan non saham sebesar 5,8 miliar Rupiah atau setara dengan 28%. Karena itu bisa disimpulkan bahwa likuiditas Kas Kopdit Florette adalah sehat dan ideal,” tandas Hurmali. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password