breaking news New

Kurangi Angka Pengangguran, Pemkab Manggarai Beri Pelatihan Bagi 280 Pencari Kerja

RUTENG, Kabarnusantara.net –
Dalam upaya mengurangi angka pengangguran dan menciptakan lapangan kerja, pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Penanaman Modal, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja memberi pelatihan bagi 280 orang pencari kerja di Balai Latihan Kerja, di Dalo, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Selasa, 14/3/2014.

Kepala Dinas Pemanasan Modal, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja, Isfridus Buntanus dalam laporannya mengatakan sumber daya manusia yang berdaya saing dan terampil adalah hal yang mutlak diperlukan setiap orang di era globalisasi.

Dikatakannya, ada banyak hal yang muncul jika kondisi tersebut tidak terpenuhi, termasuk pembangunan kualitas tenaga kerja yang menyebabkan rendahnya produktifitas.

“Hal tersebut merupakan salah satu kendala dalam penciptaan lapangan kerja yang berkualitas, yang merupakan arah kebijakan ketenagakerjaan nasional tahun 2015-2019,” ujarnya.

Menurut Buntanus, pelatihan pencari kerja menjadi penting dan strategis di Kabupaten Manggarai. Kegiatan ini juga sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) atau RPJMD 2016-2021 yang menargetkan 2000 tenaga kerja telah terlatih dalam periode RPJMD tersebut.

Tahun ini, ujarnya, pelatihan akan dilaksanakan untuk 7 angkatan mencakup Otomotif, Bengkel Kayu dan Baja Ringan.

“Kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan tenaga kerja yang tidak memiliki pengetahuan tetapi terutama ketrampilan. Muaranya, produktivitas dan penciptaan lapangan kerja yang berkualitas,” ujarnya.

Pantauan Kabarnusantara.net, peserta kegiatan berjumlah 280 orang berasal dari 12 Kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Jumlah instruktur ada 8 orang dari kalangan profesional, guru SMK Bina Kusuma Ruteng dan Alumni Balai Latihan Kerja Dalo yang sudah sukses.
(Alfan Manah/KbN)

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password