breaking news New

Deno Kamelus: Pendidikan dan Pelatihan Ketrampilan Harus Berkelanjutan dan Terintegrasi

Bupati Deno Kamelus berpose bersama peserta pelatihan sesaat setelah seremonial pembukaan.

RUTENG, Kabarnusantara.net –
Pendidikan dan pelatihan ketrampilan bagi para pencari kerja harus berkelanjutan dan terintegrasi.

Hal itu disampaikan Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus,SH,MH, Selasa, 14/3/2017, pada kegiatan pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan bagi 280 pencari kerja di Balai Latihan Kerja Dalo, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT.

Dikatakannya, latihan ini harus berkelanjutan. Kalau otomotif, sebagai pemula, latihannya sampai pada level mana. Setelah itu, kita naikkan level latihannya.

“Itu yang saya maksudkan berkelanjutan. Supaya lima tahun lagi, alumni Balai Latihan Kerja Dalo sudah bisa naik level dari pencari kerja menjadi pengusaha,” ujarnya.

Selain berkelanjutan, ungkap Deno, out put Balai Latihan Kerja ini didampingi dengan pola pendampingan terpadu atau terintegrasi.

“Setelah mereka memiliki ketrampilan, beri mereka dukungan dengan mempermudah izin usahanya. Dukungan lainnya juga berupa Akses ke perbankan atau lembaga koperasi juga harus dibantu,” ujar Deno.

Ia juga mengingatkan agar alumni Balai Latihan Kerja Dalo juga memikirkan brand atau logo yang menjadi ciri bahwa ini alumni Balai Latihan Kerja.

Jika semuanya berjalan seperti yang diharapkan, Deno berjanji akan memerintahkan seluruh jajarannya yang menggunakan kendaraan dinas agar memperbaiki kendaraan dinas di bengkel yang ada logo alumni Balai Latihan Kerja Dalo.

“Untuk angkatan pertama di tahun 2017, dari 280 orang, 80 diantaranya peserta pelatihan otomotif,” ungkapnya.

Deno juga meminta agar saudara-saudara yang dilatih harus digembleng secara berkelanjutan.

Menurut Deno, pelatihan otomotif mesti sampai pada level mahir dan terus berkelanjutan.

“Setelah berhasil pada level pertama, Pemerintah memfasilitasi pelatihan lanjutan seperti otomotif membongkar mesin. Latihan sampai dengan mahir membongkar mesin itu membutuhkan waktu belajar minimal 6 bulan. Karena itu, pelatihannya harus berkelanjutan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Manggarai memberi pendidikan dan pelatihan ketrampilan bagi 280 pencari kerja di Kabupaten Manggarai. Ada pun pola pelatihannya 30% teori, 70% praktek.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH, MH.

Pantauan Kabarnusantara.net, usai seremonial pembukaan, Bupati Deno langsung meninjau kondisi mesin di ruang praktek perbengkelan kayu dan kondisi mesin di ruang praktek perbengkelan otomotif.

Kondisi mesin tampak masih layak untuk digunakan, namun ada sejumlah mesin yang sparepartnya harus diganti.

Tampak pula mesin listrik yang berkekuatan 90 Kilo Volt dan digerakkan menggunakan dinamo dalam keadaan rusak.

Bupati Deno pun memerintahkan Kepala Dinas Penanaman Modal, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja, Isfridus Buntanus untuk mengambil langkah-langkah segera dalam upaya mengatasi masalah itu. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password