breaking news New

Aset Kopkardios Capai 40,7 Miliar Di Tahun Buku 2016

RUTENG, Kabarnusantara.net –Aset Koperasi Karyawan Dioses (Kopkardios) Ruteng mencapai Rp 40,7 miliar di Tahun Buku 2016. Aset tersebut mengalami kenaikan hingga 27% jika dibandingkan total Aset di Tahun Buku 2015 atau kenaikan jumlah aset tersebut setara dengan Rp 8,7 miliar.

Hal itu mengemuka dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke XVII Koperasi Karyawan Dioses Ruteng Tingkat Pusat. Sebelumnya, telah dilakukan RAT di 12 Tempat Pelayanan Kopkardios di seluruh wilayah Manggarai Raya.

Ketua Badan Pengurus Kopkardios Ruteng, Damasus Agas mengatakan capaian tersebut merupakan wujud kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada Kopkardios.

“Pencapaian kinerja pengurus, manajemen dan badan pengawas pada Tahun Buku 2016 cukup bagus dan menggembirakan. Hal itu bisa kita ketahui dari perkembangan Aset, Anggota, pinjaman dan simpanan non saham,” ujar Agas.

Semua itu, ujarnya, dicapai dengan baik, dengan variasi capaian di setiap item programnya.

Dikatakan Agas, sesuai dengan misinya Kopkardios akan terus mengembangkan produk pelayanan kepada anggota yang lebih kompetitif dan menguntungkan, meningkatkan kualitas dan kuantitas keanggotaan, meningkatkan kualitas manajemen, memperkuat kerjasama dengan semua pihak dan memperkokoh gerakan dengan menjalankan secara utuh komitmen Gerakan Koperasi Kredit Indonesia (GKKI).

Hingga saat ini Kopkardios melayani masyarakat Manggarai Raya baik di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Jumlah anggota kini mencapai 9.377 orang di 27 Tempat Pelayanan Kopkardios dan tersebar di 50 Kelompok Pelayanan Kopkardios maka percepatan upaya pengentasan kemiskinan dapat menjadi kenyataan.

Dengan jangkauan pelayanan yang kini mencakup 3 Kabupaten di Provinsi NTT, maka dari aspek hukum, Kopdit Kopkardios sebagai Badan Usaha yang sudah memikiki Badan Hukum yang lama Primer Kabupaten Manggarai. Namun kini, Kopkardios sedang dalam proses mengusulkan perubahan badan hukum menjadi Primer Provinsi. Usulan dan kelengkapan bahan sudah dikirim ke Kupang, Ibu Kota Provinsi NTT.

Secara Nasional, di Tahun Buku 2016, Kopkardios Ruteng menempati peringkat 59. Di NTT, Kopkardios menempati peringkat 11 dan di Manggarai Raya menempati urutan kedua dari sisi jumlah anggota. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password