breaking news New

DPD RI Asal NTT Bantu Pembangunan Rumah Adat Akel dan Rengket Yang Rusak Akibat Bencana

Anggota DPD RI, Andre Garu (tengah) didampingi Angota DPRD Manggarai, Ben Isidorus, dan Para Tua Adat Gendang Akel.

RUTENG, Kabarnusantara.net – 
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Provinsi Nusa Tenggara Timur, Adrianus Garu memberikan bantuan untuk perbaikan Rumah Adat Gendang Akel dan Rumah Adat Gendang Rengket yang berada di wilayah Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, Rabu, 15/3/2017, yang rusak akibat hujan dan angin kencang yang menimpa wilayah itu di akhir Februari 2017 lalu.

Bantuan itu diserahkan langsung pria yang akrab disapa Andre kepada Tu’a Adat Gendang Akel, Desa Bere dan Tu’a Adat Gendang Rengket.

Pantauan media ini, Andre Garu meninjau kondisi Rumah Adat Gendang Akel yang tampak ambruk serata tanah. Terlihat puing-puing reruntuhan rumah panggung itu berserakan di atas tanah.

Setelah melihat kondisi Rumah Adat Gendang Akel, Andre pun diterima secara adat Manggarai oleh para Tetua Adat Akel.

Sebagai wujud kepeduliannya yang tinggi dan kecintaannya pada adat dan budaya Manggarai, Andre pun menyerahkan bantuannya berupa sejumlah uang.

Di komunitas adat Gendang Akel, bantuan tersebut diterima salah seorang Tua Adat Gendang Akel Agustinus Kukur, dan disaksikan Tu’a Golo, Stefanus Genggur, Tu’a Teno Domi Badur, dan sejumlah warga Gendang Akel.

Terpisah di Gendang Rengket, Desa Timbu, Kecamatan Cibal Barat, Andre juga menyerahkan secara langsung sejumlah Dana Bantuan Bencana bagi perbaikan rumah adat yang terkena bencana itu. Bantuan diserahkan Andre dan diterima Paulus, salah seorang Tetua adat Gendang Rengket.

Sebelum menyerahkan bantuan, Andre diterima secara adat Manggarai.

Hal menarik yang disampaikan Andre saat itu bahwa pelestarian adat dan budaya Manggarai mesti menjadi perhatian semua pihak.

“Pelestarian Rumah Adat mesti menjadi perhatian sejumlah pihak, baik DPRD, pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa, dan juga komunitas masyarakat adat. Bantuan yang saya berikan juga sebagai sebuah ajakan, mari kita selamatkan cagar budaya kita orang Manggarai yaitu Rumah Gendang,” pungkasnyanya.

Sementara itu, Tua Adat Rengket, Paulus menyampaikan penghargaan yang tinggi dan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan Andre yang telah rela meninggalkan kesibukannya dan mengulurkan tangan bagi mereka.

Pantauan Kabarnusantara.net di Rengket, Desa Timbu, jalan menuju kampung itu masih dalam kondisi berbatu. Sebelum memasuki kampung, Andre dan rombongan berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1 kilo meter. ( Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password