breaking news New

Pushidros Akan Menginisiasi Pembentukan Asosiasi Masyarakat Hidrografi Indonesia (AMAHI)

Jakarta, Kabarnusantara.net-Sebagai pembina bidang hidro-oseanografi nasional, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) akan menginisiasi pembentukan Asosiasi Masyarakat Hidrografi Indonesia (AMAHI). AMAHI merupakan sarana untuk mewadahi masyarakat profesi hidrografi di Indonesia dalam turut berkontribusi pada setiap upaya pembahasan tentang permasalahan hidrografi dan oseanografi serta solusinya guna pembangunan di bidang kemaritiman serta terwujudnya poros maritim dunia.

Hal tersebut disampaikan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakapushidrosal pada Upacara Bendera 17 Maret 2017 di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta utara, Jumat (17/3).

Lebih lanjut dikatakan Kapushidrosal, bahwa seiring dengan kebijakan pemerintah untuk menjadikan sektor maritim sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional, kontribusi sektor hidro-oseanografi baik dari aspek profesi maupun teknis akan semakin dibutuhkan. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, pembentukan organisasi komunitas masyarakat hidrografi Indonesia dengan Pushidrosal sebagai leading sector menjadi suatu kebutuhan mendesak yang harus segera diwujudkan sebagai wadah pemersatu masyarakat profesi hidrografi di Indonesia yang hingga saat ini masih belum ada. AMAHI akan beranggotakan dari perwakilan Kementerian, Lembaga, TNI, Akademisi, serta sektor swasta yang bergerak dalam bidang hidrografi dan oseanografi.

Di bagian lain dari amanatnya, Pemimpin Pushidrosal tersebut menyampaikan bahwa sesuai dengan pernyataan Presiden RI Ir. Joko Widodo, yang menyatakan pentingnya samudera Hindia bagi masa depan dunia, Pushidrosal sebagai wakil Indonesia dalam bidang hidrografi akan menindaklanjuti dengan turut menjadi anggota pada organisasi di kawasan Samudra Hindia bagian utara serta kawasan Pasifik Selatan dengan mengirimkan perwakilannya sebagai observer pada North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC) dan South-West Pacific Hydrographic Commission (SWPHC).

Untuk dapat berperan pada NIOHC dan SWPHC serta pembentukan Asosiasi Masyarakat Hidrografi Indonesia dapat dicapai dengan kemauan dan kerja keras segenap jajaran Pushidrosal.(Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password