breaking news New

KPUD Matim Ajukan 25 Miliar, Pemda Belum Sepakati Anggaran Pilkada Matim 2018

Borong, Kabarnusantara.net- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manggarai Timur mengajukan usulan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manggarai Timur (Matim) sebesar Rp 25 miliar. Namun Pemerintah Manggarai Timur belum menyepakati alokasi anggaran Pilkada tersebut.

Kepala Dinas Keuangan Kabupaten Manggarai Timur, Bony Hasudungan kepada Kabarnusantara.net, Rabu, 22/3/2017, via WhatsApp mengatakan pihaknya telah menerima proposal yang diajukan pihak KPUD.

“Anggaran yang diusulkan sebesar 25 miliar Rupiah. Anggaran ini sangat besar. Karena itu kami telah menggelar pertemuan khusus dengan pihak KPUD,” ujarnya.

Dari hasil pertemuan itu, ujar Bony Hasudungan, diperkirakan dana yang akan disiapkan sebesar Rp 21 miliar.

Namun angka yang ada itu belum disepakati dan ditetapkan.

Dana yang disiapkan, ujar Bony, polanya multiyears sesuai dengan tahapan Pilkada yang berlangsung di Tahun 2017 hingga 2018.

Selain untuk KPUD, dana yang disiapkan itu juga diperuntukkan bagi Panwas Pilkada, dan anggaran Pengamanan Pilkada. Semuanya dianggarkan bagi kesuksesan penyelenggaraan Pilkada yang damai, jujur dan bersih.

Terpisah, juru bicara KPUD Matim, Adrianus Harmin mengatakan anggaran yang diusulkan pihaknya diperuntukkan bagi semua tahapan dalam Pilkada Matim.

Tahapan itu, ujar Harmin, mulai dari tahapan persiapan, pembentukan panitia penyelenggara di tingkatan kecamatan dan desa, tahapan pencalonan, penetapan calon dan nomor urut, tahapan kampanye, tahapan pemilihan dan tahapan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Dana sebesar itu, ujar Harmin diperuntukkan bagi pembayaran honor penyelenggaraan di setiap tingkatan dari Kabupaten, Kecamatan, Desa hingga di TPS. Selain itu diperuntukkan bagi operasional kantor.

Anggaran yang diajukan tentu saja didasari pada kebutuhan di setiap tahapannya demi kelancaran penyelenggaraan Pilkada agar berlangsung jujur, adil, dan damai.

“Karena itu, anggaran Pengamanan Pilkada sangat penting bagi terjaminnya Pilkada yang jujur, adil, damai, aman dan lancar itu. Sejauh ini kami terus melakukan koordinasi untuk maksud itu,” pungkasnya. (Alfan Manah/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password