breaking news New

Pushidrosal Siap Mendukung Program Nasional di Bidang Pariwisata

Jakarta, Kabarnusantara.net – Selaku Pembina Tunggal Hidrografi Nasional, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) bertugas menyediakan peta dan data serta informasi hidrografi yang akurat dan terpercaya, baik untuk kepentingan militer maupun keselamatan navigasi, perlindungan lingkungan laut maupun pemanfaatan ruang laut bagi pembangunan kemaritiman.

Atas masukan dari para stakeholder kemaritiman tentang perlunya zonasi daerah yang sudah dimasukkan dalam Peta Laut Indonesia dan daerah yang belum dipetakan oleh Pushidrosal, terutama untuk daerah-daerah konservasi laut, Pushidrosal akan memprogramkan pelaksanaan survei dan pemetaan di perairan yang dinyatakan sebagai kawasan konservasi di Indonesia. Hal itu dikatakan Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) dengan para stakeholder bidang kemaritiman di Rupat Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, (24/3).

Hal tersebut disampaikan Kapushidrosal berkaitan dengan kejadian baru-baru ini dimana terumbu karang di perairan kawasan Konservasi Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat yang rusak dikarenakan kandasnya kapal pesiar asal Inggris, MV Caledonian Sky yang melintasi di kawasan perairan tersebut. Pada kesempatan tersebut Kapushidrosal menyampaikan bahwa telah dikirim 1 unit survei darurat ke Raja Ampat untuk mensurvei akibat kerusakan tersebut, selanjutnya untuk dipetakan agar dapat digunakan oleh para wisatawan, sehingga diharapkan seperti ini tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Oleh sebab itu, Kapushidrosal mengharapkan agar Kementerian dan Lembaga terkait dengan kawasan konservasi untuk melaporkan daerah tersebut, sehingga Pushidrosal akan melaksanakan survei dan selanjutnya dipetakan, baik berupa peta kertas maupun Peta Elektronik /Electronic Navigational Charts (ENC), agar kawasan tersebut dapat terjaga kelestariannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kapushidrosal menegaskan pentingnya organisasi komunitas masyarakat hidrografi Indonesia, terutama sebagai sarana untuk mewadahi masyarakat profesi hidrografi di Indonesia dalam turut berkontribusi pada setiap upaya pembahasan tentang permasalahan hidrografi dan oseanografi serta solusinya guna kepentingan pembangunan NKRI di bidang kemaritiman.

Pada kesempatan itu pula orang nomor satu di jajaran Pushidrosal ini menyampaikan bahwa selain Peta Laut Indonesia, Pushidrosal juga dapat menerbitkan Peta Tematik atau peta khusus, seperti Peta Pariwisata sebagai panduan bagi wisatawan tentang destinasi pariwisata kemaritiman sesuai kebutuhan atau permintaan baik Pemda maupun Kementerian dan Lembaga terkait.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Kemenko Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Kementerian Kominfo, KKP, BIG, Kemenhub, Kementerian ESDM, Bsarnas, SKK Migas, PLN, PGN serta Pusat Penelitian Arkeologi nasional. (Padro/Hip/KbN)

431 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password