breaking news New

DPD Lakukan Pemilihan Ketua Sistem Paket

Anggota DPD RI, Adrianus Garu, M.Si

Jakarta, Kabarnusantara.net – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) akan melakukan pemilihan Ketua baru pada Senin (3/4). Pemilihan dilakukan setelah sebelumnya dilakukan Rapat Panitia Musyawarah (Panmus) pada Minggu (2/4).

Anggota DPD RI dari Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Adrianus Garu mengemukakan pemilihan ketua baru ‎direncanakan dilakukan dalam sistem paket. Ada tiga nama dalam satu paket, masing-masing mewakili tiga wilayah.

“Paket mengabungkan unsur dari wilayah Barat, tengah dan timur Indonesia. Tiap anggota DPD mengusulkan masing-masing satu nama dari tiga wilayah tersebut,” kata Andre, sapaan akrab Adrianus di Jakarta, Senin (27/3).

Ia menjelaskan pemilihan ketua baru bisa dilakukan per wilayah. Misalnya, untuk wilayah barat dipilih hanya oleh anggota DPD dari wilayah Barat dan dilakukan terpisah dengan dua wilayah lainnya. Demikianpun pula untuk dua wilayah lainnya. Setelah itu baru diadu dari ketiganya untuk memilih ketua. Yang tidak terpilih menjadi ketua otomatis menjadi Wakil ketua. Namun kepastiannya setelah dilakukan rapat Panmus pada Minggu nanti.

Menurut anggota Komite IV DPD ini pemilihan ketua baru berdasarkan Tata Tertib (Tatib) baru DPD yang disahkan Januari 2016 lalu. Dalam Tatib tersebut dinyatakan masa jabatan unsur pimpinan DPD hanya 2,5 tahun. Dengan demikian masa kepemipinan ‎yang lama berakhir April ini.

Saat ditanya mengenai masih adanya penolakan dari internal terkait agenda pemilihan tersebut, dia tegaskan sudah tidak ada penolakan lagi. Pasalnya perintah Tatib sudah menyebutkan demikian. Perintah Tatib itu harus dilakukan.

“Tatib sudah jelas mengatakan seperti itu. Harus dilakukan. Tidak ada lagi pihak luar yang menghalangi,” tuturnya.

Informasi yang diperoleh menyebutkan ada tiga nama yang menguat untuk memimpin DPD 2,5 tahun ke depan.‎ Mohammad Saleh yang kini menjadi Ketua DPD menggantikan Irman Gusman karena ditangkap KPK dijagokan dari wilayah Barat. Sementara Osman Sapta Odang (OSO) dijagokan dari wilayah tenggah. Adapun dari wilayah timur menjagokan Nono Sampono.

Tiga nama ini sudah masuk dalam satu paket dan telah didukung mayoritas anggota DPD yang berjumlah 132 orang. (MM/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password