breaking news New

Maju Cagub, Ini Tiga Program Andalan Ray Fernandez

LABUAN BAJO, Kabarnusantara.net-Bakal Calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Raymundus Sau Fernandez,S.Pt mengatakan ada tiga hal yang akan dilakukannya ketika dipercayakan memimpin NTT. Tiga program yang digadang menjadi andalan Ray Fernandez yaitu Gerakan Tuntas Makan, Gerakan Pakaian Layak dan Gerakan Tinggal Layak.

Hal itu disampaikan Ray, begitu ia disapa, dalam tatap muka yang dilakukan pihaknya dengan sejumlah kader PDIP Kabupaten Manggarai Barat, di Labuan Bajo, Sabtu, 25 Maret 2017.

Dikatakannya, ada yang bertanya apa yang akan saya lakukan nanti ketika terpilih menjadi Gubernur NTT.

“Sederhana saja. Ada tiga hal yang akan saya lakukan yaitu Gerakan Tuntas Makan, Gerakan Pakaian Layak dan Gerakan Tinggal layak. Tiga hal ini yang akan saya lakukan,” ujarnya.

Tuntas makan ini, kata Ray, terjemahannya adalah pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan.

“Kalau kita omongan peningkatan produksi pertanian, maka mekanisasi pertanian juga harus jalan. Penggunaan teknologi pertanian juga harus jalan,” imbuhnya.

Menurut Ray, pihaknya sudah memberi contoh di TTU.
“Pemerintah Kabupaten TTU terus berupaya menurunkan angka kemiskinan melalui program Sari Tani atau Desa Mandiri Cinta Petani. Dengan program ini, pemerintah mengalokasikan Rp 300 juta per desa. Itu saya lakukan sejak tahun 2012,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, di tahun 2010 jumlah keluarga miskin di TTU sebesar 65,62 persen atau setara dengan 31.375 kepala keluarga. Sementara pada tahun 2016, sudah turun hingga 20 persen.

Bupati Ray juga menjelaskan program Sari Tani tersebut dipadukan dengan program Padat Karya Pangan (PKP) dalam sebuah gerakan bersama yang disebut Gerakan Cinta Petani.

Dalam gerakan tersebut, kata Ray, para petani diwajibkan memperluas lahan tanam setiap tahun seluas 25 are dan secara bertahap mencapai 125 are setiap lima tahun.

“Petani di TTU diwajibkan memperluas lahan tanam. Jika berhasil memperluas lahan tanam, baru petani boleh menerima bantuan beras miskin.

Selain itu, ia juga menggalakkan program pembangunan 31.000 rumah bagi rakyat miskin di TTU hingga akhir masa jabatannya berakhir. Dengan itu, ia yakin, di tahun 2021, kemiskinan di TTU turun hingga di bawah 10%.

Tampak hadir pada kesempatan itu, Ketua DPC PDIP Manggarai Barat, Darius Angkur, dan sejumlah pengurus PDIP Manggarai Barat. (Alfan Manah/KbN)

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password