breaking news New

OSO Calon Kuat Ketua DPD Yang Baru

Jakarta, Kabarnusantara.net – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) akan melakukan pemilihan ketua baru pada Senin (2/4) mendatang. Pemilihan itu berdasarkan Tata Tertib (Tatib) DPD yang disahkan Januari 2016 lalu.

Pada Tatib dinyatakan masa jabatan pimpinan DPD dari lima tahun menjadi 2,5 tahun. Dengan demikian, masa jabatan pimpinan yang ada saat ini akan berakhir pada awal April nanti.

Sejauh ini, sudah ada beberapa nama yang siap merebut kursi ketua DPD seperti Mohammad Saleh yang kini menjadi Ketua DPD menggantikan Irman Gusman karena ditangkap KPK dijagokan dari wilayah Barat. Kemudian ada Osman Sapta Odang (OSO) yang kini menjadi Wakil Ketua MPR. Nama lainnya adalah Faoruk Muhammad dan GKR Hemas. Keduanya masih menjabat wakil ketua DPD hingga saat ini. Ada pula Nono Sampono dan AM Fatwa siap bersaing dengan nama-nama tersebut.

Anggota DPD dari Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Adrianus Garu menilai OSO memiliki peluang besar untuk memimpin DPD. Alasannya, mayoritas anggota DPD menginginkan figur yang kuat dan punya karakter seperti OSO untuk memimpin DPD. Mayoritas anggota juga menginginkan ada perubahan di tubuh DPD dengan menghadirkan ketua baru.

“OSO paling berpeluang. Figur seperti OSO dibutuhkan untuk perubahan di DPD,” kata Andre, sapaan akrab Adrianus di Jakarta, Rabu (29/3).
Ia menjelaskan OSO memiliki jaringan yang luas. Apalagi setelah dia menjadi Ketua Umum Partai Hanura pada akhir tahun 2016 lalu. Dengan ketokohan dan jaringannya yang luas, diharapkan OSO bisa memperjuangkan perluasan kewenangan DPD.

Menurutnya, OSO akan maju dari wilayah Tengah. Di wilayah ini, OSO akan bersaing dengan GKR Hemas dan AM Fatwa untuk meraih jabatan pimpinan DPD.

OSO akan disandingkan dengan Saleh yang maju dari wilayah barat dan Nono Sampono dari wilayah timur.
“Pemilihan di DPD memakai sistem paket. Setiap anggota DPD mengusulkan masing-masing satu nama dari wilayah barat, tengah dan timur untuk menjadi pimpinan. Satu paket sudah ada yaitu OSO, Saleh dan Nono,” jelas anggota Komite IV DPD ini.

Paket ini kemungkinan akan berhadapan dengan paket Faoruk dari wilayah timur, GKR Hemas dan AM Fatwa dari wilayah tengah. Sementara dari wilayah barat tetap dipasangkan M Saleh.

“Masih dinamis. Bisa muncul-muncul nama baru menjelang pemilihan,” ungkap Andre. (MM/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password