breaking news New

TPDI: Publik Harus Mendukung Sikap Tegas Polri Menindak Siapapun Terduga Kasus Makar

Jakarta, Kabarnusantara.net-Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus, mengatakan publik harus mendukung sikap tegas Polri uuk menindak siapa pun terduga kasus makar.

“Tidak ada yang salah dan karena itu tidak harus diragukan keabsahan penangkapan dan penahanan terhadap sejumlah tokoh penggerak aksi demo FUI 313 dengan tuduhan makar yang dilakukan oleh Polri beberapa hari yang lalu,” kata Petrus, di Jakarta, Minggu, (2/4/2017)

Polri yang professional, kata Petrus, adalah Polri yang mengedepankan kepentingan negara, menegakan Pancasila dan UUD 1945 serta menjaga keselamatan bangsa ini, daripada mengedepankan hak-hak asasi segelintir orang.

“Penangkapan dan pemberian status tersangka terhadap beberapa tokoh pimpinan FUI dan penggerak Aksi demo 313, membuktikan bahwa negara mengedepankan hukum dan penegakan hukum dengan menindak tegas siapapun yang mencoba mengganggu keselamatan bangsa ini,” jelas Petrus.

Oleh karena itu, Petrus menjelaskan, sangat keliru dan tidak beralasan hukum kalau ada pihak yang berpendapat bahwa Presiden Jokowi seakan-akan ketakutan secara berlebihan terhadap kenyamanan kekuasaannya, lantas mengambil langkah penindakan hukum secara sewenang-wenang.

“Langkah Polri menindak tegas kelompok pengacau yang akan mengganggu pilar-pilar NKRI dan dasar negara, patut kita apresiasi, begitu juga kalau ada warga negara yang merasa dirugikan akibat proses hukum yang merugikan dirinya dan kepentingan kelompoknya, maka silahkan menggunakan upaya hukum yang tersedia guna menuntut balik pemerintah,” tegas Petrus.

Lebih lanjut Petrus mengatakan ini adalah negara hukum. “Inilah model penegakan hukum yang proporsional dan profesional sekaligus mereformasi praktik penegakan hukum yang minus malum, setengah hati dan ragu-ragu yang dipraktekan selama ini oleh pemerintahan SBY,” pungkas dia (Ervan/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password