breaking news New

Hal Penting yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Wawancara Kerja

KastraNet – Menyiapkan diri untuk wawancara kerja adalah salah satu hal yang sangat penting dalam meraih pekerjaan yang kamu impikan selama ini. Banyak orang yang nggak benar-benar mempersiapkan wawancara mereka dan akhirnya gagal mendapatkan pekerjaan yang mereka idamkan. Bahkan sebelum kamu tiba di lokasi wawancara, kamu punya PR yang harus kamu siapkan. Berikut adalah sembilan PR yang harus kamu selesaikan sebelum datang wawancara kerja.

1. Pelajari segala hal tentang perusahaan tempat kamu melamar.

Cari tahu soal reputasi, kompetitor, budaya, fasilitas, serta gaji rata-rata yang ditawarkan perusahaan tempat kamu melamar ya kastraners, jangan sampai tak sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

2. Pahami kemampuan, pengalaman dan kualifikasimu

Kamu harus siap dengan pertanyaan-pertanyaan seperti “Apa kelemahan terbesarmu?” dan “Kenapa kamu mau bekerja di perusahaan kami?” , kamu pun bisa menceritakan tentang kelebihan yang ada dalam dirimu.

3. Pertanyaan bagi pewawancara

Siapkan pertanyaan bagi pewawancara supaya kamu terlihat antusias dan tertarik dengan perusahaan tersebut.

4. Penampilan

Nah kastraners, ini point penting yang harus kamu lakukan sebelum melakukan wawancara perhatikan penampilanmu agar terlihat menarik, Pilih baju yang sesuai dengan budaya di perusahaan tersebut. Nggak semua kantor mengharuskan pegawainya untuk berpakaian formal seperti blazer atau rok pensil. Usahakan untuk memakai baju berwarna netral untuk wawancaramu dan hindari warna yang menyolok seperti oranye, kuning, atau pink.

5. Jangan sombong, tapi jangan terlihat putus asa.

Siapkan jawaban-jawaban yang nggak terkesan sombong. Kamu memang harus bisa menonjolkan kelebihan-kelebihanmu tapi hati-hatilah dalam memilih kata-katamu. Begitu juga sebaliknya, jangan sampai kamu terlihat putus asa.

6. Bersihkan media sosialmu

Ada beberapa HRD yang bertugas mengecek media sosialmu untuk menilai background-mu. Jadi pastikan media sosialmu bersih dari posting-an atau komentar-komentar yang nggak pengin kamu tunjukkan ke calon bos atau atasanmu. Siap siap sosmedmu di stalking yaa kastraners!

7. Dokumen yang di butuhkan

Siapkan dokumen-dokumen yang mungkin diminta ketika kamu datang untuk wawancara kerja meskipun kamu sudah mengirimkan semua dokumenmu sebelumnya. Cetak ulang CV, sertifikat, ijazah, surat referensi, dan pasfotomu.

8. Cari tahu lokasi wawancara kamu

Pastikan kamu tahu lokasi wawancaramu dan bagaimana cara menuju lokasi tersebut. Hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke lokasi wawancara. Hal ini akan meminimalisir kemungkinanmu terlambat datang karena nyasar atau terjebak macet. Kamu juga harus tahu siapa yang akan mewawancara kamu, misalnya apakah kamu akan diwawancara oleh HRD, user, atau bahkan pimpinan perusahaan tersebut.

Nah, ini hal yang paling penting untuk kamu siapkan. Jangan sampai kamu tiba-tiba jatuh sakit pada hari-H wawancara. Perbanyak konsumsi vitamin dan jangan begadangan menjelang wawancaramu.

Sambil menyiapkan sembilan hal di atas, jangan lupa untuk menyiapkan mental juga, ya. Semoga wawancarmu berhasil! (Clara/KbN)

7 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password