breaking news New

Hadiri Seminar Anti Korupsi, Pimpinan KPK Tegaskan Mahasiswa Harus Miliki Integritas

Yogyakarta, Kabarnusantara.net – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, Irjen. Pol. (Purn) Basaria Panjaian, S.H., M.H menegaskan bahwa mahasiswa harus memiliki Integritas dan semangat Anti Korupsi.

Ditemui usai mengisi acara Seminar Nasional di CH UIN Sunan Kalijaga, Selasa (11/04), beliau menegaskan bahwa menjadi aktivis Anti Korupsi memang bukan pekerjaan mudah. Bahkan ia menghimbau untuk tidak takut dengan ancaman apapun, apabila menjadi aktivis Anti Korupsi.

“Seperti yang dikatakan oleh pak Jack tadi (Dr. Abdur Rozaki). Tidak usah takut. Jangan ada rasa khawatir dan jangan takut,” Ucapnya saat dimintai pendapat terkait Kasus penyiraman air keras pada salah satu penyidik KPK Novel Baswedan, Selasa (11/04) tadi pagi.

Saat mengisi acara seminar Anti Narkoba yang diselenggarakan oleh DEMA FISHUM UIN Sunan kalijaga, Basaria juga menegaskan bahwa mahasiswa memang harus memiliki jiwa yang berintegritas dan semangat melawan korupsi.

“Generasi baru harus mempersiapkan diri untuk meneruskan kedudukan. Salah satu nilai Anti Korupsi yaitu: Jujur. Jujur dalam berkata, berfikir dan bertindak. Selain itu, perlu memiliki kedisiplinan, peduli, bersikap adil, sabar derta sederhana dalam kehidupan,” Kata Basira kepada peserta seminar.

Selain itu, Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik menjelaskan bahwa tindakan korupsi merupakan salah satu tindakan yang berbahaya. Maka beliau mengharapkan nantinya UIN khususnya FISHUM bisa menjadi model terdepan dalam menyuarakan Semangat Anti Korupsi.

“Persoalan korupsi ialah persoalan yang luar biasa. Insyaallah UIN, khususnya FISHUM siap menjadi model lembaga yang Anti Korupsi,” Jelasnya.

Senada dengan Dekan FISHUM, Dr. H. Waryono, juga ikut mengapresiasi acara ini. Menurutnya, masyarakat perlu mengetahui bahwa korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa.

“Mudah-mudahan seperti yang dikatakan pak Dekan bahwa UIN bebas dari korupsi. Walaa Taqrabu korupsi. Dalam Kitab Al-Khabail, korupsi adalah salah satu dosa besar,” Ujarnya.

Hal ini disambut baik oleh Hendris (ketua DEMA FISHUM), bahwa menurutnya memang acara ini mengingkan adanya jiwa yang berintegritas dan Anti Korupsi dari kalangan mahasiswa.

“Mahasiswa merupakan pemuda penerus bangsa. Sebagai calon pemimpin, penting bagi mahasiswa untuk memiliki integritas. Karena salah satu kegagalan pemimpin ialah ketika ia tidak memiliki integritas. Pemimpin harus amanah, harus memiliki jiwa yang berintegritas,” Jelas Hendris saat ditemui usai acara. (tri/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password