breaking news New

Bupati Manggarai Serahkan 1 Unit Mobil Truck Bagi Kelompok Campe Mose

Ket. Foto: Bupati Manggarai, Deno Kamelus (kaca mata hitam) didampingi Wakil Bupati Victor Madur, Camat Cibal Barat Karolus Mance, dan Kadis Perhubungan, Apri Laturake berpose bersama Kelompok Campe Mose sesaat setelah penyerahan Kendaraan roda empat, di Halaman Kantor Bupati Manggarai, Di Ruteng. Selasa, 11 April 2017

RUTENG, Kabarnusantara.net –
Bupati Manggarai, Deno Kamelus menyerahkan 1 unit bantuan kendaraan operasional roda empat bagi Kelompok Campe Mose, Desa Golo Lanak, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, di Ruteng, pada Selasa, 11 April 2017.

Bantuan mobil tersebut merupakan paket bantuan kendaraan operasional dari Kementerian Dalam Negeri dengan sumber dana DAK Transportasi Perdesaan Tahun 2016.

Pantauan Kabarnusantara.net, Bupati Manggarai, Deno Kamelus memberi mandat kepada Wakil Bupati Manggarai, Victor Madur untuk menyerahkan kunci kendaraan tersebut.

Kunci kendaraan itu diserahkan Wakil Bupati Manggarai, Victor Madur kepada Ketua Kelompok Campe Mose, Saverius Solo, selaku pengelola kendaraan tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Manggarai, Deno Kamelus mengatakan kendaraan operasional yang diserahkan kepada kelompok tersebut nantinya akan digunakan oleh masyarakat namun dikelola oleh kelompok Campe Mose.

“Bantuan 1 unit kendaraan ini untuk membantu memperlancar pergerakan arus orang dan barang di Desa Golo Lanak dan desa lainnya di wilayah Cibal Barat yang belum terjamah akses moda transportasi kendaraan roda empat karena jauh dari pusat kota dan belum ada angkutan umum,” ujarnya.

Dikatakan Deno, bantuan ini sifatnya merangsang apa yang ada pada kamu, lalu pemerintah support sehingga kamu menjadi bertumbuh dan berkembang lagi dalam banyak hal.

Ia juga mengingatkan agar pemanfaatan kendaraan operasional tersebut tidak boleh disalahgunakan.

Bupati Deno pun berharap kendaraan tersebut dapat dimanfaatkan secara baik di bawah pengawasan Camat Cibal Barat.

Bantuan kendaraan itu, ujar Deno, dilengkapi dengan STNK atas nama perusahaan daerah PT. Manggarai Multi Investasi.

“Kendaraan ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung bertumbuh dan berkembangnya Badan Usaha Milik Desa,” pungkas Deno.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai, Apri Laturake mengatakan bantuan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Transportasi Perdesaan Tahun 2016, Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Apri, desa yang berhak menerima bantuan tersebut adalah desa yang belum terjamah akses moda transportasi kendaraan roda empat.

“Bantuan kendaraan ini bertujuan untuk membuka pelayanan kepada masyarakat di bidang transportasi dan angkutan jalan. Bantuan tersebut sekaligus diberikan untuk meningkatkan ekonomi kreatif di tingkat desa,” ujarnya.

Selain itu, Camat Cibal Barat, Karolus Mance mengatakan pihaknya akan mengawasi pemanfaatan kendaraan tersebut.

Soal aktivitas usaha kelompok tersebut di bidang budi daya hortikultura dan jual beli kemiri.

“Mereka Gapoktan yang selama ini bergerak di bidang hortikultura sesuai dengan program pa Bupati. Juga mereka bergerak di bidang perdagangan kemiri,” ujarnya.

Ketua Kelompok Campe, Saverius Solo mengatakan pihaknya telah membentuk kelompok sejak tahun 2014 dengan jumlah anggota sebanyak 32 orang hingga saat ini.

Ia pun menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan usaha ekonomi produktif kelompok yang dipimpinnya itu. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password