breaking news New

Kapal Pembangkit Listrik Karadeniz Telah Beroperasi Penuh di Maluku

Maluku, Kabarnusantara.net – Kebutuhan akan pasokan listrik di wilayah Maluku kini menemui titik terang. Kapal Pembangkit Listrik Karadeniz atau Karadeniz Powership Yasin Bey Marine Vessel Power Plant (MVPP) telah memasok listrik ke sistem interkoneksi kelistrikan di kawasan Ambon-Maluku dan beroperasi sejak 1 April 2017.

Dalam melangsungkan pengoperasiannya, Kardeniz Powership telah melakukan kerjasama dengan PT. PLN dalam memastikan singkronisasi sehingga proses pendistribusiannya bisa berlangsung cepat ke seluruh wilayah Maluku.

Kapal yang berdaya 120 MW ini merupakan kapal pembangkit ketiga yang beroperasi di Indonesia setelah Zeynep Sultan yang telah beroperasi di Amurang, Sulawesi Utara dan Gokhan Bey di Bolok, Kupang.

Kadeniz Powership juga akan mendatangkan dua kapal pembangkit lainya ke Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat.

“Dalam waktu dekat Kardeniz Powership atau Yasin Bey akan mengirimkan dua kapal lainya ke Belawan, Sumut dengan kapasistas 240 MW dan Lombok, NTB dengan kapasitas 60 MW”, papar Ufuk Berk Direktur Karpowership wilayah Asia.

Ufuk menambahakan, kapal Yasin Bey mampu meberikan daya listrik yang murah karena mesin lebih efisien dan dapat beroperasi dengan heavy oil (HFO) yang jauh lebih murah daripada high speed diesel (HSD).

Ia juga mengaku, Yasin Bey akan sangat membantu PLN guna mengoptimalkan pembaruan energi.

“Tentu Yasin Bey akan sangat membantu PLN dalam mengoptimalkan pembaruan energi. Karena Yasin Bey sangat bersifat fleksibel dalam hal bahan bakar yang dapat beroperasi secara bersamaan antara LNG dan HFO”, lanjut Ufuk.

Anak perusahan Karpower Internasioanal Turki ini yang dioperasikan oleh PT. Karpowership Indonesia berkomitmen akan terus melanjutkan investasi ke Indonesia dan berjanji akan meningkatkan peran serta kemampuan masyarakat lokal. (Astramus Tandang/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password