breaking news New

Warga Keluhkan Kondisi Jalan Provinsi Ruteng-Iteng Yang Rusak Parah

RUTENG, Kabarnusantara.net – 
Ratusan titik di ruas Jalan Ruteng-Iteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT dalam kondisi rusak parah.

Hal itu diperparah dengan material longsoran yang memenuhi badan jalan di sejumlah titik di ruas jalan berstatus Jalan Provinsi itu.

Pantauan Kabarnusantara.net, Selasa, 18 April 2017, ratusan titik di ruas jalan sepanjang 37 Km itu tampak rusak parah. Saking parahnya sejumlah kendaraan roda dua harus didorong untuk dapat melintas di jalur itu.

Sementara kendaraan roda empat jenis mini bus harus menurunkan penumpangnya hingga puluhan kali hanya untuk menyusun kembali batu agar roda mobil tidak terperosok ke dalam lubang yang menganga.

Melewati jalur jalan yang melintas di Hutan Taman Wisata Alam Ruteng itu bagai menantang maut. Kecelakaan lalu lintas pun sering terjadi.

Seorang pengendara kendaraan roda dua yang sedang melintas, Turibius Ara Kate, kepada Kabarnusantara.net mengatakan kondisi jalan yang rusak parah sudah terjadi sejak 5 tahun terakhir.

Menurutnya, sedikit perbaikan dilakukan pemerintah Provinsi NTT di tahun 2015 lalu sepanjang kurang lebih 1 Km.

Dikatakannya, setiap kali musim hujan tiba, longsor selalu terjadi di jalan yang melintasi kawasan Hutan Taman Wisata Alam Ruteng itu.

“Selain longsor yang selalu terjadi di musim hujan seperti sekarang ini, saat melintas, kita temui banyak titik jalan berlubang terutama di kawasan hutannya. Padahal dua tahun lalu dilakukan perbaikan di ruas jalan ini,” ujarnya.

Hal senada dikeluhkan seorang warga Desa Tal, Kecamatan Satarmese, Andreas Antal.

“Kondisi jalan yang rusak ini sangat mengganggu perjalanan kami pak. Hampir setiap hari kami warga Satarmese menjual beras ke Ruteng. Saat longsoran terjadi, hampir semua oto (mobil angkutan, red.) tidak beroperasi. Saat itu, kami terpaksa menjual beras dengan harga murah ke pedagang yang datang langsung ke desa kami,” tuturnya.

Antal pun berharap agar Pemerintah segera perbaiki kondisi jalan yang rusak parah itu.

Menurut Antal, jika Pemerintah Provinsi tidak mampu perbaiki, serahkan jalur itu ke Pemerintah Pusat agar ditingkatkan statusnya menjadi Jalan Negara.

Untuk diketahui, ruas jalan ini menghubungkan Kota Ruteng dengan Kecamatan Satarmese dan Satarmese Barat di wilayah Selatan. Ruas ini terbilang strategis. Dua kecamatan ini merupakan lumbung padi bagi Kabupaten Manggarai. Selain itu, ruas ini juga merupakan akses jalan satu-satunya menuju ke Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Ulumbu. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password