breaking news New

WVI ADP Sikka Rayakan Paskah Bersama

Maumere, Kabarnusantara.net – Wahana Visi Indonesia Area Devolopment Program Sikka ( WVI ADP Sikka) merayakan Paskah bersama dengan Forum Anak DesaWolomotong (FORADESTONG) dan Forum Anak Desa Wolonterang di Pantai Krokowolon, Senin (24/04).

Kegiatan Paskah bersama ini dibuka dengan misa bersama yang dipimpin oleh Romo Kristo Lodo, Pr. Hadir dalam kegiatan ini para staf WVI ADP Sikka , Para Guru, Para Pengurus Desa, Undangan dan 250 anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Desa (FORANDES).

Romo Mex Lodo dalam khotbahnya mengundang anak-anak untuk lebih mendekatkan diri dengan Tuhan dalam hidup. Usaha mendekatkan diri dengan Tuhan dapat ditempuh dengan selalu tekun berdoa dan membaca kitab suci. Kedua hal ini membantu kita untuk selalu dekat dengan Tuhan dan bisa hiduap seturut firmannya dalam hidup.

Namun dalam dunia dewasa ini, kata Romo Kristo, kehidupan anak-anak sudah dipengaruhi oleh HandPhone. Mereka lebih suka membuka HP daripada membuka kitab suci.

Keadaan ini membawa pengaruh negatif bagi perkembangan seorang anak. Kedekatan dengan Tuhan dinomorduakan dan tugas belajar pun menjadi terbengklai.

“Seorang anak yang tergabung dalam Forandes mesti bisa melepaskan kelekatan pada HP dan berjuang mendekat diri dengan Tuhan dalam hidup harian serta menjadi pribadi yang selalu rajin dalam belajar demi menggapai cita-cita”, Ungkap Romo Kristo.

Kepada orang tua yang hadir, Romo Kristo meminta untuk mendidik dan membimbing anak-anak dalam keluarga. Dengan cara demikian, orang tua sebenarnya telah mengambil bagian dalam tugas yang Tuhan berikan dalam hidup. Sebab, anak-anak merupakan titipan Allah yang diberikan kepada orang tua untuk dijaga,dirawat dan didik dalam hidup. Demikian Romo Kristo memberikan pesan kepada orang tua yang hadir dalam perayaan paskah bersama ini.
Ibu Magdalena Yuliani Nona Afni, selaku ketua panitia perayan Paskah bersama, melihat perayaan bersama sebagai usaha menggali potensi yang ada dalam diri anak-anak. Mereka dilatih untuk mengembangkan ketrampilan yang ada dalam diri dan diekpresiakan kepada semua peserta yang hadir.

“Perayaan paskah bersama ini akan diisi dengan kegiatan yang mereka sudah latih selama ini. Karena itu, ada kelompok yang akan membawakan lagu, drama, puisi dan dance dalam perayaan paskah bersama ini”, ungkap Ibu Magdalena.

Selain itu, kata Ibu Magdalena, perayaan paskah bersama ini sebagai usaha kelanjutan dari program pendidikan karekater bagi anak-anak. Kepribadian mereka dibentuk untuk latih bekerja sama dalam kelompok, tampil dengan berani di hadapan umum untuk membicarakan sebuah persoalan dalam kelompok.

Sementara itu, Ibu Kristina Agnes Mukin, salah satu staf WVI ADP Sikka, menjelaskan bahwa perayaan paskah bersama mendorong anak-anak untuk beriman kepada Tuhan. Mereka diteguhkan dalam perayaan ekaristi agar mereka selalu setiap kepada Yesus.

”Melalui perayaan ini anak-anak dikuatkan untuk beriman kepada Yesus Kritus yang bangkit. Dan dari perayaan ini, anak-anak bisa membangun semangat persaudaraan di antara sesama anak-anak”, ungkap Ibu Agnes.

Dalam keempatan yang sama, Ibu Agnes meminta semua orang Tua untuk merelakan anak-anak mereka untuk bergabung dalam Forum Anak Desa. Karena dalam Forum Anak Desa, Anak-anak dilatih untuk menggali masalah dalam hidup, merancang kegiatan, menjalankan kegiatan yang dirancang, dan mengevaluasi kegiatan yang mereka jalankan. Semuanya itu dijalankan oleh anak-anak. Staf WVI hanya menjadi fasilitator untk kegiatan anak-anak.

“Hal ini membuat anak yang tergabung dalam forum Anak Desa memili ketrampilan yang berbeda dengan anak-anak yang lain’, Ungkap Ibu Agnes di selah acara paskah bersama dengan media ini.

Selain itu, kata Ibu Agnes, melalui Forum Anak Desa lembaga Wahana Visi bisa membantu anak-anak yang kurang mampu dalam membiayai pendidikan di sekolah. Bantuan itu diberikan kepada keluarga yang tidak mampu agar bisa menyekolahkan anak-anak. (Arnol Jemadu/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password