breaking news New

Mewakili NTT, Kabupaten Ende Raih Anugerah Pangripta Nusantara 2017

Foto: Detik.com

Jakarta, Kabarnusantara.net – Ende menjadi satu-satunya kabupaten yang mewakili Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam peraihan Anugerah Pangripa Nusantara 2017. Anugerah ini dipresembahkan langsung oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas kepada kabupaten Ende dengan Kategori Kabupaten dengan Perencanaan Terbaik.

Anugerah Pangripta Nusantara juga dipersembahkan kepada pemerintah daerah lainya, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang memiliki perencanaan pembangunan yang baik.

Seperti yang dilansir media detikFinance.com pada Rabu, 26 April 2017, terdapat beberapa daerah yang juga meraih Anugerah Pangripta seperti, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dinobatkan sebagai provinsi terbaik pertama sebagai provinsi dengan perencanaan terbaik sebelum Provinsi DKI Jakarta yang mendapatkan pringkat kedua dan Provinsi Sumatera Selatan pada pringkat ketiga.

Kabupaten Ende pun menjadi satu-satunya kabupaten yang mewakili NTT pada Kategori Kabupaten dengan Perencanaan Terbaik, Ende meraih pringkat kedua terbaik setelah Kabupaten Tabanan dan selanjutnya diikuti Kabupaten Sigi sebagai kabupaten terbaik ketiga.

Selanjutnya, Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kota dengan Perencanaan Terbaik pringkat pertama diraih Kota Batu kemudian di susul Kota Pekalongan dan pada pringkat ke tiga jatuh pada Kota Tanjung Pinang.

Adapun Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan diraih oleh DKI Jakarta dan pada Kategori Kabupaten/Kota diperoleh Kabupaten Muara Enim.

Peningkatan tertinggi kualitas perencanaan juga dijadikan item penghargaan terhadap Provinsi dalam Anugerah Pangripta Nusantara 2017 dan Provinsi Sulawesi Tengah tercatat sebagai pemenang dengan kategori tersebut.

Untuk menentukan pemenang dalam anugerah yang sudah dilakukan sejak 2011 ini, dibentuk tim penilai yang terdiri dari Tim Penilai Independen, Tim Penilai Utama, dan Tim Penilai Teknis.

Tim ini menyeleksi seluruh provinsi, serta kabupaten/kota dengan tiga tahapan, antara lain penilaian dokumen yang dilakukan oleh Tim Penilai Teknis, penilaian proses perencanaan oleh Tim Penilai Utama dan Tim Penilai Independen, serta verifikasi dokumen dan proses perencanaan oleh Tim Penilai Independen.

Adapun tiga kategori dalam meraih Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara 2017 ini, antara lain kategori perencanaan terbaik, kategori inovasi terbaik, dan kategori peningkatan tertinggi kualitas perencanaan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brojonegoro dalam Musrenbangnas 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta mengharapkan prestasi yang didapat oleh daerah-daerah tersebut dapat menjadi motivasi untuk semakin meningkatkan kualitas prencanaan pembagunan di daerah masing-masing.

“Semoga prestasi ini dapat memotivasi semua pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di daerah masing-masing,” ujar Bambang. (Astramus Tandang/KbN)

23 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password