breaking news New

MTS Negeri Reok Mewakili NTT Dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Kepala Sekolah MTs Negeri Reok, Fetosarif Nggapang,S.Pd (kiri), DR. I Wayan Ardhana,M.Pd (tengah), dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai, Naldy Serang (kanan). Tampak tim penilai lainnya berjalan beriringan

REO, Kabarnusantara.net – Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri Reok, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mewakili NTT dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) SMP/MTS tingkat Nasional tahun 2017 ini. Sebelumnya, MTS Negeri Reok keluar sebagai Juara 1 dalam LSS tingkat SMP/MTS Provinsi NTT 2016 lalu.

Tim penilai Lomba Sekolah Sehat dari Kementerian Pendidikan, Agama dan Kesehatan memberi penilaian pada Rabu, 26/4/2017.

Sebelum Tim Penilai mengunjungi MTs Negeri Reok, Wakil Bupati Manggarai, Victor Madur, Rabu, 26/4/2017 menyambut mereka secara adat Manggarai di Kantor Bupati Manggarai di Ruteng.

Tim penilai berjumlah empat orang, diantaranya Deky Virandala,SKM, ME dari Kementerian Kesehatan, DR. I Wayan Ardhana,M.Pd dari Kementerian Pendidikan, Dra. Marfuah,M.Pd dari Kementerian Agama, dan Drs. H. Ibrahim Arif dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT.

Kedatangan Tim Penilai itu dalam rangka memberi penilaian terhadap lembaga pendidikan selaku Peserta Lomba Sekolah Sehat.

Pantauan Kabarnusantara.net, Tim Penilai disambut secara adat Manggarai di Gerbang MTS Negeri Reok di Jalan Pendidikan Nomor 1, Barang Kolong Reok.

Tampak Tu’a Adat asal Reo menyambut Tim Penilai dengan Ayam Putih dan Tuak Putih sebagai simbol keputihan hati dalam menyambut tamu. Tampak pula para siswa dan siswi berbaris rapih menyambut tamu itu. Tarian Congka Sae pun ikut memeriahkan suasana penjemputan itu.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Agama Kabupaten Manggarai, Naldy Serang mengalungkan Selendang Songke Manggarai dan Topi Songke Manggarai kepada keempat Tim Visitasi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai, Naldy Serang menyampaikan terima kasih atas kunjungan ini.

“Tentu kunjungan ini bukan tanpa alasan. Untuk kami ini adalah suatu penghargaan yang sangat besar,” ujarnya.

Ia pun memaparkan profil lembaga Pendidikan Islam setingkat SMP di Kabupaten Manggarai. Dikatakannya, ada tiga Madrasah di Kabupaten Manggarai diantaranya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Reok, MTs Swasta Reok dan MTs Ruteng.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, DR. I Wayan Ardhana,M.Pd mengatakan hal-hal yang dinilai dalam Lomba Sekolah Sehat antara lain Trias Usaha Kesehatan Sekolah, Sarana dan Prasarana Sekolah, Pengetahuan dan sikap peserta didik, upaya dan komitmen kepala sekolah, serta kinerja tim pembina UKS.

Trias UKS meliputi kantin sehat, jamban saniter sesuai dengan rasio jumlah peserta didik, penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun, penyediaan dan pengelolaan sampah, penyediaan sarana air bersih, kebersihan dan kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan bagi ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, ruang ibadah, ruang UKS serta kegiatan terkait Trias UKS.

Lebih lanjut dikatakan Wayan, pemenangnya dibagi dalam dua kategori yaitu Kinerja Terbaik (Best Performance) dan Pencapaian Terbaik (Best Achievement).

Selain sarana dan prasarana yang memadai, ungkap Wayan, selanjutnya penilaian juga difokuskan pada sejauh mana sekolah memprogramkan UKS yang kemudian dilaksanakan para siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Unsur penilaian terakhir, ungkapnya, bagaimana perilaku siswa dengan adanya penerapan program UKS di sekolah. Dengan adanya UKS, siswa diharapkan mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dan membudayakan kebiasaan itu di mana saja mereka berada.

Selain itu, Kepala Sekolah MTs Negeri Reok, Fetosarif Nggapang,S.Pd mengatakan pada tahun 2016 lalu, sekolah yang dipimpinnya itu dinobatkan sebagai lembaga pendidikan yang paling sehat untuk tingkat SMP/MTs di Provinsi NTT.

“Prestasi yang kami raih ini dimulai dari aspek kesehatan siswa. Salah satu aspek utama adalah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). UKS ini sebelumnya sudah divisitasi oleh tim asesor dari Kementerian Pendidikan, Agama, dan Kesehatan pada 2016 lalu. Dan MTs Negeri Reok dinyatakan sebagai Juara 1 Tingkat Provinsi NTT. Kemudian kami mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. Dan sekarang Tim Visitasi datang menilai itu,” pungkasnya. (Alfan Manah/KbN)

260 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password