breaking news New

NTT Provinsi Ke 4 Terkorup, Apa Kata KPK

RUTENG, Kabarnusantara.net – Berdasarkan rilis data Indonesian Corruption Watch (ICW), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu daerah dengan tingkat korupsi tinggi. ICW menempatkan NTT sebagai daerah keempat terkorup di Indonesia. Data itu dirilis berdasarkan penelitian ICW untuk kurun waktu 2010 hingga 2015 lalu. Kerugian Negara akibat kasus korupsi di NTT mencapai Rp 26,9 miliar dengan jumlah kasus sebanyak 30 selama lima tahun.

Sejumlah awak media pun mempertanyakan komitmen KPK dalam memberantas korupsi di NTT.

Menjawab itu, Ketua Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam (GNP-SDA) KPK, Dian Patra di Ruteng, Kamis, 27/4/2017, mengatakan kalau bicara penindakan, KPK bergerak atas alat bukti.

“Kalau bicara penindakan, KPK bergerak atas alat bukti. Itu saja, tidak ada alasan yang lain. Jadi, mungkin saja teman-teman penyidik tidak menemukan alat bukti yang cukup dan yang menjadi kewenangan KPK,” ujarnya tegas.

Dikatakannya, kewenangan KPK dalam Undang-Undang adalah penanganan kasus korupsi yang melibatkan penyelenggara Negara, menarik perhatian masyarakat, dan kerugian negara di atas Rp 1 miliar.

“Itu saja. Tidak ada alasan lain. Jadi mungkin perlu dibangun juga dari masyarakat NTT agar memberi informasi yang lebih akurat dan menjadi kewenangan KPK,” ungkap Dian Patra.

Menurut Dian, pengaduan yang masuk ke KPK dari NTT sebanyak lebih dari 500 kasus dugaan korupsi.

“Pengaduan ke KPK dari NTT banyak. Sedikitnya ada 500 pengaduan dugaan tindak pidana korupsi yang dilaporkan ke KPK. Ketika pengaduannya kurang lengkap dan hanya melampirkan kliping berita koran, agak susah. Tidak lebih dan tidak kurang. Itu soalnya,” pungkas Dian.

Pejabat fungsional pencegahan di KPK itu berada di Ruteng atas undangan JPIC OFM Indonesia dan STKIP Ruteng.

Dian Patra menjadi nara sumber dalam Seminar Nasional dengan tema “Menelisik Korupsi di Sektor Sumber Daya Alam”. Ia menjadi pembicara bersama Peter C. Aman, OFM dari JPIC OFM Indonesia. (Alfan Manah/KbN)

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password