breaking news New

Pulau-Pulau di NTT Tidak Untuk Ditambang

RUTENG, Kabarnusantara.net –
Pulau-pulau kecil yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur tidak untuk ditambang.

“Jadi begini, kita sudah lihat Sumatera, Kalimantan, Bangka, dan lain-lain. Saya pikir NTT ini relativ masih terselamatkan alamnya dibanding Sumatera, Kalimantan dan lainnya. Karena di sana sudah rusak alamnya. Pulau-pulau kecil di NTT ini tidak untuk ditambang,” ujar Ketua Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam, Komisi Pemberantasan Korupsi, Dian Patra, di Ruteng, Kamis, 27/4/2017.

Dikatakan, jangan sampai pemerintah melakukan kesalahan yang sama dan masyarakat jadi korban seperti di Pulau Bangka, Sumatera, Kalimantan dan pulau-pulau lainnya.

Menurutnya, jika ditambang NTT yang pulau-pulau kecil ini daya dukung dan daya tampungnya akan habis, lingkungan jadi rusak dan masyarakat tidak dapat apa-apa.

“Cukup sudah yang dilakukan di Indonesia bagian Barat dan Timur, dan jangan diulangi di sini. Karena NTT punya pariwisata yang luar biasa dan hasil alam yang luar biasa. Kalau alam tidak dikelola dengan baik, pariwisata hilang, hasil pangan seperti Kopi, Kemiri, Mete, Padi, Kakao, dan lainnya akan habis. Kita tidak jadi apa-apa,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan apresiasinya atas perjuangan Gereja Katolik yang terlibat aktif menolak kehadiran perusahaan tambang yang merusak lingkungan.

“Kita patut mengapresiasi perjuangan Gereja Katolik. NTT punya keunikan yang provinsi lain tidak punya. Selain keindahan alamnya yang belum banyak dijamah, NTT punya Gereja Katolik yang kuat. Pergerakan lewat Gereja mungkin lebih efektif dan daerah lain tidak punya itu,” tandasnya. (Alfan Manah/KbN)

3 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password