breaking news New

Selenggarakan Seminar Nasional, PMKRI Yogyakarta Buka Kegiatan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK)

Yogyakarta, Kabarnusantara.net – PMKRI Yogyakarta menggelar seminar nasional bertajuk “Kader Muda Perekat Kebangsaan” pada kamis (27/04/2017) sebagai pembuka kegiatan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) 2017. Kegiatan seminar tersebut dilaksanakan di Gedung Agus Salim, Fisip UPN “Veteran” Yogyakarta.

Seminar tersebut dihadiri oleh beberapa pembicara, yaitu Agung Supriyono (Kepala Kesbangpol DIY), Andreas Pandiangan (Tokoh Politik), Wempi Hadir (Peneliti Indopolin), dan Bernadus Tri Utomo (Sekjen PP PMKRI). Seminar diawali dengan sidang Kehormatan oleh DPC PMKRI Yogyakarta dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Sidang Kehormatan juga menjadi momen pembukaan kegiatan LKK oleh Ketua Presidium PMKRI Yogyakarta.

Seminar Nasional ini mengusung tema “Kader Muda Perekat Kebangsaan”. Andreas Pandiangan dalam pemaparannya mengedepankan bahwa Dalam semangat cinta tanah air dan dalam menunaikan tugas-tugas kewargaannya dengan setia, orang katolik harus merasa wajib, memajukan kepentingan umum yang sejati dan dengan demikian berusaha agar bobot pendapatnya berlaku, sehingga kekuasaan negara dilaksanakan dengan adil dan undang-undang sejalan dengan hukum-hukum susila dan dengan kepentingan umum.

Selanjutnya, Agung Supriyanto menyatakan bahwa tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara pada era ini umumnya terdiri dari tiga hal yakni krisi multidimensional (Krisis Moral, Krisis Kepercayaan dan Kepemimpinan, Krisis Ekonomi) dampak globalisasi dalam bidang-bidang ekonomi dan sosial, serta ancaman Golongan Radikal.

Aspek – aspek tersebut kemudian dipertegas oleh dua pembicara lainnya, Bernadus Tri Utomo dan Wempi Hadir dengan mengangkat fakta-fakta kekinian yang membuktikan rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegara secara khusus fenomena yang terjadi pada kaum muda pada era ini.

Adapun peserta yang hadir dalam seminar nasional tersebut berjumlah hingga 172 peserta yang tergabung dari berbagai elemen organisasi dan mahasiswa/i berbagai kampus di Yogyakarta.

Seminar ini menjadi pembuka kegiatan LKK PMKRI Yogyakarta yang akan berlangsung selama 4 hari dimulai pada kamis (27/04/2017) hingga Minggu (30/04/2017), di Kaliurang, DIY.

Laporan Kontributor: ​Chandra Purnama Wahat, Pemred Aquinas PMKRI Yogyakarta

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password