breaking news New

Dosen dan Pegawai non ASN UPN Yogyakarta Mogok Kerja dan Menutut Keadilan

Yogyakarta, Kabarnusantara.net – Peringati Hari Pendidikan Nasional, tenaga pendidikan dan dosen Universitas Pembagunan Nasional “Veteran” Yogyakarta yang tergabung dalam Forum Pegawai Tetap Yayasan (PTY) melangsungkan aksi Mogok Kerja pada Selasa, 2 Mei 2017.

Berlangsung di lapangan rektorat UPN, terlihat semua dosen dan pegawai yang non ASN berkumpul sambil memegang spanduk bertuliskan “maaf mahasiswa, hari ini kami mogok kerja” sambil meneriakan keadilan akan posisi mereka sebagai PTY di lapangan rektorat UPN.

Akibat perubahan status UPN dari swasta ke negeri di tahun 2014, menorehkan beragam persoalan di kampus UPN khususnya bagi pegawai tetap yayasan sehingga berujung pada aksi mogok kerja sehari.

Ir. Lestanta Budiman, M.Hum yang adalah Ketua Dewan Penasihat Forum PTY, menyampaikan setidaknya dari 800 pegawai di UPN, terdapat 412 pegawai yang belum mendapatkan kepastian status sebagai ASN.

“Pada aksi ini kami menggelar aksi mogok kerja selama sehari dan kami meminta keadilan berkaitan dengan status kami sebagai pegawai tetap yayasan (PTY) yang tidak memiliki payung hukum seperti ASN”, ujarnya.

Lestanta juga menambahkan dari permasalahan ketidakjelasan status memicu permasalahan lanjutan seperti gaji yang terlambat turun, tunjangan kinerja yang tidak diberikan penuh, dan uang makan yang belum dapat diberikan. Pihaknya pun meminta Dewan Pimpinan UPN, Kemenhan, dan Kemenristek Dikti agar menyelesaikan permasalahan ini.

Menanggapi tuntutan para dosen dan karyawannya, Rektor UPN, Prof .Dr.Ir. Sari Bahagiarti menjelaskan pihaknya sudah mengajukan semua pemberkasan pengangkatan 412 PTY tersebut menjadi pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) kepada Kemenristek Dikti sejak tahun 2016.

“Berkaitan pengangkatan P3K, kami sudah lakukan semua prosedur. Selanjutnya kami serahkan pengangkatan ini ke Kementrian”, jelas Sari.

Ketidakjelasan status kepegawaian atau keterlambatan kepastian pengangkatan pegawai Non PNS terjadi hampir di seluruh Indonesia khususnya di Perguruan Tinggi negeri (PTN) Baru.

Seperti yang disampiakan Wakil rektor UPN bidang umum dan keuangan, Susanta, menyebutkan terdapat 35 PTN termasuk UPN yang mengalami perubahan status kepegawaian akibat dari perubahan status PTN dari swasta menjadi negeri.

Terkait penanganan masalah di lembaganya, ia menjelaskan pihak pimpinan UPN telah membantu pemberkasan khususnya pada 412 pegawai Non PNS sehingga dapat diangkat menjadi P3K atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

“Kami dari pihak pimpinan UPN membantu pemberkasan khususnya pada 412 Pegawai Non PNS ini, agar bisa diangkat menjadi P3K atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Sebanyak 412 Pegawai Non PNS UPN sudah lolos seleksi, namun belum dapat dipastikan kapan tanggal pengangkatannya,” kata Susanta. (Astramus Tandang/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password