breaking news New

Manggarai Raih Peringkat Pertama UNBK NTT, Seorang Siswi Raih Nilai 100

RUTENG, Kabarnusantara.net –
Kabupaten Manggarai menempati urutan pertama rata-rata perolehan nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Bahkan salah seorang siswi diantaranya memperoleh nilai 100.

Adalah Isabela Dibyacitta Adelian, seorang siswi Jurusan Bahasa SMA Katolik Santu Fransiskus Xaverius Ruteng meraih nilai 100 untuk mata ujian Bahasa Asing Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Adelian menjadi satu-satunya peserta UNBK jurusan Bahasa yang memperoleh nilai 100 di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sementara akumulasi perolehan nilai UNBK Adelian mencapai 298,50 atau masuk peringkat 8 besar NTT untuk Jurusan Bahasa.

Ia bersama keenam siswa SMA Katolik Santu Fransiskus Xaverius Ruteng lainnya masuk dalam 20 besar Provinsi NTT.

Bahkan dari sisi akumulasi perolehan nilai tertinggi UNBK Jurusan Bahasa di NTT diraih siswi SMA Katolik Santu Fransiskus Xaverius Ruteng atas nama Wihelmina Yubilia Maris, dengan total perolehan nilai mencapai 318,5.

Diikuti Yulianus Doni di peringkat ke 3 dengan total nilai 309. Isabela Dibyacitta Adelian menempati peringkat ke 8 dengan total nilai 298,5. Sementara siswa lainnya, Servasius Jemali meraih peringkat 10 besar NTT dengan total akumulasi nilai 292. Lalu, Gaudensia Yusri di peringkat 18 dengan total perolehan nilai 282.

Kelima siswa berprestasi itu berasal dari Jurusan Bahasa SMAK Santo Fransiskus Xaverius Ruteng.

Sedangkan, salah seorang siswa lainnya dari Jurusan IPS SMA Katolik Fransiskus Xaverius Ruteng, Arnoldus D Turuk masuk 20 besar atau menduduki peringkat 17 dengan total nilai 309.

Sebelumnya, SMA Katolik Santu Fransiskus Xaverius Ruteng menjadi satu-satunya SMA di Kabupaten Manggarai yang menyelenggarakan UNBK.

Karena itu, sumbangsih nilai UNBK SMA Katolik Santu Fransiskus Xaverius Ruteng menempatkan Kabupaten Manggarai pada peringkat pertama di Provinsi NTT dengan perolehan nilai rata-rata tertinggi.

Berdasarkan data yang diperoleh Kabarnusantara.net dari Kepala UPT Wilayah VII (Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat) Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Muhammad Gaus di Ruteng, Selasa, 2 Mei 2017, untuk Jurusan Bahasa, Kabupaten Manggarai menempati urutan teratas dengan nilai rata-rata 58,50. Nilai tersebut jauh di atas nilai rata-rata Provinsi NTT 47,08.

Disusul Kabupaten Belu dengan nilai rata-rata 54,52. Dan Kabupaten Flores Timur dengan nilai rata-rata 53,58.

Untuk peringkat Kabupaten Jurusan IPS, Kabupaten Manggarai menempati urutan teratas dengan rata-rata nilai 54,50. Sementara rata-rata Provinsi NTT 45,01. Peringkat kedua ditempati Kabupaten Ngada dengan nilai rata-rata 50,81. Sedangkan peringkat ketiga Kabupaten Flores Timur dengan rata-rata 50,52.

Untuk Jurusan IPA, Kabupaten Manggarai lagi-lagi menempati peringkat pertama dengan rata-rata nilai 57,75. Nilai itu jauh di atas rata-rata Provinsi sebesar 49,05. Peringkat kedua ditempati Kota Kupang dengan nilai rata-rata 55,20. Disusul Kabupaten Belu dengan nilai rata-rata 54,12 di peringkat ketiga. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password