breaking news New

Peringati HARDIKNAS, Gugus Gurung, Kota Komba-Manggarai Timur Libatkan Pemerintah Desa dan Masyarakat

Borong, Kabarnusantara.net – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), gugus Gurung yang merupakan gabungan dari keempat Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Komba, kabupaten Manggrai Timur, NTT menggelar peringatan HARDIKNAS bersama pemerintah desa (Pemdes) dan masyarakat setempat.

Beberapa lembaga pendidikan dan pemdes yang turut hadir dalam kegiatan bersama tersebut seperti, Lembaga Pendidikan Anak Uia Dini (PAUD) Gurung, Pau, Gulung, SDN Moso Kukun, SDK Gurung, SDN Pau, SDK Gulung, SMPN 6 dan SMPN 10 Kota Komba dan pemerintah desa Ruan dan Pong Ruan.

Tidak hanya siswa/i yang mewakili beberapa lembaga pendidikan untuk hadir dalam acara tersebut, tetapi lebih dari itu mewajibkan kepada semua ketua komite dari ke empat Sekolah Dasar di Gugus Gurung untuk turut serta hadir seperti dari SDN Moso Kukun dihadiri oleh bapak Vitalis, dari SDK Gurung bapak Vabi lantang dan dari SDK Gulung bapak Agus Marsudin.

Hadir pula tokoh agama, tokoh adat dan orang tua murid serta seluruh masyarakat dari ke dua desa tersebut dan mewakili pemerintah desa Pong Ruan dihadiri langsung oleh Kepala Desa Bosansius Tasman serta sekertarisnya bapak Vitalis Peras dan Kepala Desa Ruan bapak Sandro.

Dalam peringatan HARDIKNAS tersebut, paras siswa/i yang terwakili dari semua jenjang pendidikan baik dari tingkat PAUD sampai tingkat SMP turut mempersembhkan beragam acara hiburan. Mulai dari tarian, nanyian, drama, pembacaan puisi dan sebagainya.

Seperti halnya Susana Jelita Tandang siswi kelas 6 SDK Gurung membacakan puisi berjudul “Kihajar Dewantara”, sebagai sebuah renungan sekaligus motivasi dalam membaca perkembagan pendidikan masa kini.

SDK Gulung dan SMPN 10 Kota Komba yang adalah tuan rumah sekaligus panitia pelaksana kegiatan ini, melalui Kepala Sekolah SDK Gulung, bapak Aufridus Tandang mengaskan kegiatan bersama antara lembaga pendidikan dan pemdes serta masyarakat adalah sebuah ajang bersma agara secara bersama-sama mendukung perkembangan pendidikan di gugus Gurung.

“Acara bersama ini adalah momentum kita semua untuk secara bersama-sama membangun dan mendukung perkembangan pendidikan di gugus Gurung ini”. jelas Aufridus yang juga inspektur upacara pada apel pembukaan peringatan HARDIKNAS tersebut.

Ia juga menjelaskan lebih jauh terkait peringatan HARDIKNAS dengan menyoal tokoh penggerak pendidikan Indonesia Kihajar Dewantara.

“Kita semua tahu Kihajar Dewantara yang adalah tokoh pendidikan nasional kita. Ia adalah orang yang sangat peduli dengan pendidikan. Meskipun ia pernah diasingkan ke Belanda karena pergerakannya namun, ia tetap mau untuk perjuangkan pendidikan itu hingga berhasil mendirikan lembaga pendidikan taman siswa dan memberikan dorongan kepada tokoh-tokoh yang ada di daerah untuk berjuang bersama-sama membagun pendidikan di Indonesia maka, jadikan Kihajar sebagai toko panutan kita dalam membagun perkembangan pendidikan di bumi pertiwi ini khususnya di Gugus Gurung ini”, papar Afufridus.

Aufridus juga berharap agar peringatan akan HARDIKNAS ini tidak hanya seremonial belaka tetapi lebih dari itu sebagai kesempatan semua kalangan untuk memaknai apa arti yang sesungguhnya dari pendidikan itu sendiri dan khususnya pendidikan pada saat ini.

Ia melihat perkembagan dunia moderen yang sangat pesat dengan ditandai berbagai keadiran teknologi-teknologi canggih adalah sebuah ujian serius bagi semua orang di negeri ini khusnnya bagi pelajar maupun pendidik. Dengan itu ia mengharapkan sikap selektif dan objektif mesti menjadi kepunyaan semua orang agar tidak mudah terpengaruh arus globalisasi yang sedang terjadi.

Ditemui Kabarnusantara.net, kepala sekolah SMPN 10 kota Komba, Benyamin Jambong mengungkapkan hal senada. Ia menuturkan, kegiatan HARDIKNAS bersama masyarakat dan pemdes ini adalah bentuk eksistensi SMPN 10 dan lembaga pendidikan lainya di desa Ruan maupun Pong Ruan bahwa semua lembaga pendidikan ini betul-betul hadir untuk mencerdaskan kehidupan generasi bangsa.

Mewakili masyarakat desa Pong Ruan dan Ruan Kades Pong Ruan, Bosansius Tasman dalam sambutannya mengaku bangga akan perkembangan pendididikan di gugus Gurung.

“saya bangga sekali dengan perkembagan yang positif dari pendidikan di gugus Gurung ini. itu terlihat dari beberapa peran langsung siswa/i dalam acara-acara di masyarakat maupun di gereja.

Misalnya SDK Gulung, mapun SMPN 10, akhir-akhir ini mereka sangat aktif di masyarakat dan gereja”, ungkap Tasman.

Kades yang juga penggiat pendidikan itu juga mengharapkan agar perkembangan positif ini terus ditingkatkan dan baginya desa Pong Ruan siap membantu untuk hal itu.

“Saya juga orang yang sangat mencintai dunia pendidikan, maka saya harap perkembangan seperti ini harus terus ditingkatkan dan desa Pong Ruan pasti selalu siap membantu”, harapTasman.

Peringatan HARDIKNAS di Gugus Gurung yang merupakan hasil kesepakatan bersama anatara gugus dengan UPT dinas PdanK kec. Kota Komba ini, direncanakan akan dilakukan bergilir di setiap sekolah-sekolah yang tergabung dalam gugus Gurung. (Astramus Tandang/KbN)

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password