breaking news New

Anggota DPRD Ini Persoalkan Mobil Puskesmas Kabupaten Manggarai Timur yang Mangkrak

Borong, Kabarnusantara.net – Salah satu mobil dinas puskesmas keliling hasil alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Manggarai Timur (Matim) tahun 2010 terlihat mangkrak di salah satu bengkel mobil di Ruteng.

Hal tersebut dilansir pada laman face book (FB) dari salah satu anggota DPRD kabupaten Manggarai Timur, Vincen Reamur pada Rabu, 03 Mei 2017.

Hasil pantauan Kabarnusantara.net, anggota DPRD Matim itu mempersoalkan peristiwa pemangkrakan mobil dinas dengan mengeluarkan pernyataan bernada kesal.

“Dinas terakit tidak pernah punya hati mengurus aset daerah seperti ini (mobil yang mangkrak),
padahal setiap tahunnya, keuangan daerah Kabupaten Manggrai Timur selalu dialokasikan untuk perbaikan mobil-mobil tersebut”, tulis Reamur pada captions foto mobil dinas puskesmas keliling Matim yang dimuat di akun facebooknya.

Lebih lanjut ia juga mempertanyakan hati nurani kepada pihak terkait atas masalah seperti ini.

“Dimanakah hati nurani kalian dalam merawat dan menjaga harta negara di kabupaten ini?”, lanjut Reamur.

Puluhan komentar dan tanggapan pun bermunculan. Salah satunya, akun FB milik Arvianus berkomentar demikian, “Jangan-jangan sudah dijadikan besi tua mobil itu” tulis Arvianus.

Menanggapi komentar tersebut Vincen menjelaskan bahwa mobil yang sama pada tahun yang sama masih beroperasi namun, berbeda dengan mobil milik dinas kesehatan ini dan ia menyayangkan jika hendak dijadikan besi tua.

“Mobil tahun 2010 baru 5 tahun dipakai. Kasihan kalau dijadikan besi tua. Mobil yang sama pada dinas lain yang pengadaannya sama pada tahun 2010 masih beroprasi, sedangkan ini mangkrak” balas anggota DPRD tersebut.

Selain itu, akun FB atas nama Michael Donsalin ikut berkomentar. Donsalin pada komentarnya mengajak Vincen untuk membiarkan mobil itu jadi besi tua dengan alasan masih ada anggaran untuk membeli yang baru.

Menapik itu Vincen lanjut berkomentar bahwa ia menjanjikan akan menjadi orang yang pertama untuk menolak jika mobil dibeli baru apa lagi dengan alasan masih ada penyediaan anggaran untuk membeli yang baru.

“Saya orang pertama yang akan menolak jika mobil itu dibiarkan menjadi besi tua apalagi dengan alasan karena melihat ada alokasi anggaran untuk pengadaan yang baru”, komentar Vincen.

Ia juga menduga, mangkraknya mobil pusksemas keliling milik dinas kesehatan Manggarai Timur ini akibat mental para birokrat terkait yang kurang baik dan karena utang dari bengkel yang belum dilunasi dinas terkait.

“Ini soal mental manusianya yang kurang baik atau bisa juga karena bengkel punya utang yang belum dilunasi oleh dinas terkait, makanya mobil di tahan atau mangkrak, tambah Vicen.

Menanyakan peran pengawasan dari lembaga legislatif (DPRD) Manggarai Timur, akun face book milik Tony Cundawan berkomentar demikian, “Pengawasan internal legislatif dan birokrasinya dimana?’’, tulis Tony.

Menanggapi pertanyaan itu, Vincen juga menjanjikan akan megklarifikasi lebih jauh kepada dinas terkait atas masalah tersebut.

“Saya sebagai anggota dewan pasti akan meminta penjelasan lebih jauh dari dinas terkait, karena ini soal serius”, jawab Vincen.

Ia juga menilai postingannya sebagai pelurus informasi yang selalu disampikan tidak sesuai fakta dan sekaligus mengungkapkan fakta yang sesungguhnya atas persoalan mobil pusksemas keliling Manggarai Timur selama ini.

“Postingan ini adalah bagian dari cara untuk meluruskan informasi yang selalu disampaikan tidak sesuai fakta dan sekaligus mengungkapkan fakta yang sesungguhnya dari masalah mobil pusling Matim’’, tulis Vincen menanggapi komentar akun fb milik Albertus Adi.

Anggota DPRD Manggarai Timur itu juga mengharapkan agar semua orang yang menggunakan fasilitas negara bisa dijaga dan dipertanggujawabkan dengan baik.

“Andaikan ini mobil pribadi mungkin sangat kasihan, karna usianya baru 5 tahun sudah dibiarkan begitu saja di bengkel-bengkel tanpa dirawat. Semua pihak yang menggunakan fasisilitas negara seperti ini diajak untuk tidak membiarkan hal yang sama terulang kembali diwaktu2 akan datang”, tulis Vincen melalui pesan singkat yang di kirim ke Kabarnusantara.net (Astramus Tandang/KbN).

4 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password