breaking news New

Hingga Hari Kedua, UNBK di SMPN 1 Langke Rembong Berjalan Lancar

RUTENG, Kabarnusantara.net – Tahun 2017 merupakan tahun pertama bagi SMP Negeri 1 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Meski demikian, hingga hari kedua pelaksanaan UNBK, Rabu, 3/5/2017, pihak sekolah belum mengalami kendala berarti.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Langke Rembong, Wenseslaus Resman kepada Kabarnusantara.net mengatakan ini tahun pertama pihaknya menyelenggarakan UNBK.

Namun hingga hari kedua, kata Resman, jaringan internet dan server berjalan lancar. Siswa juga dapat mengerjakan soal dengan baik tanpa kendala berarti.

Menurut Resman, persiapan UNBK dilakukan pihaknya secara matang selama 2 bulan terakhir. Siswa-siswi dipersiapkan secara baik, bahkan sejak kelas 1 SMP mereka sudah mulai diperkenalkan dengan komputer dan cara pemakaiannya.

Tak dipungkiri Resman, dukungan fasilitas komputer yang memadai dari pihak Pemerintah sangat tinggi.

“Hingga kini, pihak sekolah memiliki 100 unit komputer. Dan dengan jumlah itu, pelaksaan UNBK pun dapat dipersiapkan secara matang. Sekalipun baru pertama kali, namun dengan simulasi berulang yang dilakukan pihak sekolah memudahkan siswa menghadapi UNBK.

Dari segi jumlah, ada 296 siswa SMP Negeri 1 Langke Rembong yang mengikuti UNBK tahun 2017 ini.

Selama UNBK berlangsung, peserta dibagi dalam tiga sesi setiap harinya. Sesi dibagi sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP) UNBK.

Pantauan Kabarnusantara.net, Rabu, 3/5/2017, tampak para siswa peserta UNBK mengikuti ujian dengan serius. Dua puluh menit sebelum ujian berlangsung, tampak proktor dan teknisi memeriksa kesiapan komputer dan konektivitasnya dengan jaringan komputer lain dan juga dengan server. Setelah semuanya dipastikan siap digunakan, para siswa peserta UNBK pun diajak masuk.

Selain pengawas, tampak di ruang ujian proktor dan teknisi selalu siaga dalam upaya mengantisipasi terjadinya gangguan jaringan atau kendala teknis lainnya.

Sebagai sekolah rujukan tingkat SMP/MTs, SMP Negeri 1 Langke Rembong terbilang sangat layak menyelenggarakan UNBK.

Hal itu didukung oleh fasilitas Komputer dan Jaringan Internet yang memadai.

Pihaknya pun mengaku bangga atas capaian sekolah itu.

“Kami patut berbangga, kami dapat menyelenggarakan UNBK pertama di Manggarai. UNBK bagi kami dilakukan untuk meminimalisir kecurangan dan menjaga integritas sekolah.

Menurut Resman, selain meminimalisir kecurangan, pengolahan nilai juga menjadi cepat, c
tepat, murah, jujur, dan mudah.

Resman pun di tahun-tahun mendatang akan berupaya menambah unit komputer.

Ia yakin, dengan persiapan yang matang, sekolah yang dipimpinnya bakal meraih prestasi yang gemilang. (Alfan Manah/KbN)

6 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password