breaking news New

Vonis Ahok : “600 Lebih Berkas Surat Keputusan yang Dibacakan”

Kabarnusantara.net – Ada sekitar 600 lebih lembar surat putusan yang dibuat. Majelis hakim membacakan putusan terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atas perkara penodaan agama. 

“Sebelum saya bacakan putusan, sudah siap, sudah jadi. Ada sekitar 600 lebih. 630 berapa,” kata Hakim ketua Dwiarso Budi Santiarto.

Majelis hakim menyatakan tidak seluruh surat putusan terhadap Ahok yang didakwa melakukan penodaan agama. Pihak jaksa penuntut umum dan tim penasihat hukum Ahok menyetujuinya.

“Sebagaimana pembacaan tuntutan dan pembelaan yang tidak membacakan dakwaan keterangan saksi dan ahli, kami minta persetujuan kepada penutut umum dan penasihat hukum,” kata Dwiarso yang langsung disetujui jaksa dan pengacara.

Ahok dituntut 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Jaksa menyebut Ahok terbukti melakukan tindak pidana yang ancaman pidananya diatur dalam Pasal 156 KUHP. Ahok dituntut atas pidana menyatakan perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia. 

Aksi Ormas Kontra Ahok

Sementara itu, di depan kantor Kementerian Pertanian sejak pukul 08.00 massa kontra Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mulai berorasi jelang sidang vonis kasus dugaan penistaan agama. Massa berorasi sekitar 25 meter dari tempat pagar berduri dan mulai berkumpul di depan mobil komando.

Massa kontra Ahok ini juga membuat barisan pengamanan. Ada sekitar 2 kelompok massa berbaris melintang di Jalan RM Harsono sebagai barisan penjagaan.

Barisan penjagaan ini berjarak 10 meter ke barisan penjagaan di belakangnya. Massa yang berorasi di atas mobil komando juga sempat mengingatkan massa untuk tidak mendekati pagar pembatas agar tidak ada provokasi. Saat ini massa yang kontra sudah memenuhi menara UNAS sampai ke Gedung Kementan. (RR/ KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password