breaking news New

Mahasiswa Universitas Janabadra Gelar Aksi Penghijauan

Yogyakarta, Kabarnusantara.net – Berlangsung di Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, puluhan mahasiswa Universitas Janabadra Yogyakarta melangsungkan aksi penghijauan dengan menanam sejumlah pohon mangrove di pesisir pantai Baros pada Kamis, 11 Mei 2017.

Aksi penghijauan yang digelar pukul 13.30 Wib ini, dipelopori langsung oleh Forum Janabadra Garis Keras (JGK) yang merupakan salah satu forum mahasiswa yang peduli akan situasi sosial masyarakat.

Aksi yang berlangsung kurang lebih dua jam ini berjalan dengan penuh antusias dan ramai.

Hal itu tampak terlihat dari semangat dan antusias beberapa mahasiswa dalam melangsungkan kegiatan tersebut.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, sejumlah mahasiswa yang berasal dari Lembaga Kemahasiswaan Universitas Janabadra Yogyakarta.

Koordinator aksi, Tegar P. Pamungkas dalam sambutanya mengatakan bahwa aksi yang digelari Forum JGK ini merupakan sebuah bentuk kepedulian mahasiswa atas lingkungan yang hijau.

“Aksi ini merupakan aksi penghijauan yang merupakan bagian dari bentuk kepedulian mahasiswa akan pentingnya menciptakan lingkungan yang hijau. Seperti kita ketahui bahwa masa kini sangatlah dibutuhkan kepedulian mahasiswa akan pentingnya keberadaan hutan mangrove untuk menjaga terjadinya abrasi”, jelas mahasiswa semester empat Fakultas Hukum Universitas Janabadra itu

Hal senada juga disampaikan ketua Forum JGK, Randi Desta N.W. Randi dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Forum JGK.

“Kegiatan penghijauan ini merupakan kegiatan rutin dari Forum Janabadra Garis Keras. Pada tahun lalu, Forum JGK ini telah melakukan penanaman mangrove di tempat yang sama yaitu di pantai Baros ini”, jelas Randi.

Mahasiswa Fakultas Teknik UJB ini juga menegaskan, kegiatan penanaman sejumlah pohon magrove ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa UJB dalam menciptakan lingkungan hijau.

“Aksi penghijauan yang ditandai dengan penanaman sejumlah pohon mangrove ini adalah bagian dari aksi nyata kami mahasiswa yang peduli dengan lingkungan hijau”, pungkas Randi.

Aksi peduli lingkungan yang megusung tema “Save Mangrove For The World” ini, menuai respon positif dari beberapa mahasiswa yang ikut dalam kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh
Sista, mahasiswi semester dua Fakultas Pertanian UJB. Sista dalam pernyataanya mengaku bangga bisa terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.

“kegiatan penghijauan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan bisa memberi pelajaran buat kami sebagai mahasiswa dalam hal pentingnya penghijauan lingkungan hidup dan tentunya sungguh saya sangat bangga bisa terlibat aktif dalam kegiatan ini”, ujar Sista.

Ia juga berharap kegiatan serupa bisa dilakukan terus pada waktu-waktu selanjutnya.

“Semoga aksi serupa dapat diadakan lagi dikesempatan lain mengingat masih banyak lokasi sekitar yang belum ditanami mangrove”, lanjut Sista.

Pihak pengelola hutan mangrove Baros pun mengucapkan terimakasih atas aksi penanaman mangrove yang dilaksanakan mahasiswa Universitas Janabadra tersebut.

Pihak pengelola pantai baros tersebut berkeyakinan positif pengelolaan dan penghijauan pantai Baros dapat dilangsungkan dengan baik jika mahasiswa berpartisipasi aktif, sehingga bisa menciptakan lingkungan pantai yang bersahabat.

Selain itu, mereka menjelaskan bahwa pantai Baros merupakan salah satu pantai di bagian selatan pulau Jawa tepatnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebaradaan pantai Baros ini merupakan salah satu aset wisata Yogyakarta dengan mengususung tema wisata ekologis.

Kepada masyarakat, mereka berharap agar bersama-sama melestarikan tanaman Mangrove yang ada di pantai Baros tersebut.

Karena beberapa tahun yang lalu, tanaman mangrove banyak yang mati akibat adanya abrasi.

Hal itu juga yang menyebabkan banyaknya tempat yang masih belum ditanamani mangrove di pantai Baros.

Karena itu, Pihak pengelola berharap akan ada yang secara sukarela membantu melakukan penghijauan dengan menanam mangrove di daerah tersebut. (Astra Tandang/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password