breaking news New

Penyelidikan Terhadap Rizieq Atas Laporan PMKRI Dinilai Lamban dan Cenderung Diskriminatif

Jakarta, Kabarnusantara.net – Pengurus Pusat PMKRI, Anggelo Wake Kako Cs bersama Tim Kuasa Hukum PP PMKRI yaitu Petrus Selestinus, Saor Siagian, Robert B. Keytimu, Erlina R Tambunan, Sylvester Nong M, Daniel T. Masiku, Posma G. P. Siahaan gelar konferensi Pers, Rabu (10/05/2017) pukul 15.00 WIB di Menteng, Jakarta Pusat.

Di hadapan wartawan, saat konferensi pers, PP PMKRI bersama Tim kuasa hukum PMKRI menyampaikan beberapa hal penting terkait proses hukum atau penyelidikan dan penyidikan terhadap Rizieq Shihab cs sehubungan dengan Laporan Polisi PMKRI tentang dugaan penistaan agama yang dilakukan Rizieq Shihab cs, pada (26/12/2016) di Polda Metro Jaya Jakarta.

Ketua Presidium PP PMKRI, Anggelo Wakekako dalam penjelasannya bahwa Laporan Polisinya sudah belangsung 5 bulan lebih tetapi hasil penyelidikan oleh Polda Metro Jaya belum ada perkembangan signifikan bahkan cenderung jalan di tempat.

Ia menambahkan, akibatnya desakan dari pimpinan cabang PMKRI di setiap daerah Kabupaten dan Provinsi bahkan masyarakat luas mempertanyakan mengapa Penyidikan kasus laporan polisi PMKRI terhadap Rizieq Shihab tidak diproses oleh Polri.

“Nah untuk menjawab atau menjelaskan pertanyaan masyarakat dan internal PMKRI tentang kasus Rizieq Shihab maka PMKRI bersama Tim Kuasa Hukum akan bertemu KAPOLRI dan KAPOLDA Metro Jaya, pada (12/05/2017) tepat setelah sholat jumat di Mabes Polri”, pungkas Angelo.

Koordinator Tim Kuasa Hukum PMKRI Petrus Selestinus, melengkapi penjelasan Ketua Presidium PP PMKRI, menyampaikan bahwa penyelidikan Polda Metro Jaya atas sejumlah Laporan Polisi terkait dugaan tindak pidana penistaan agama dan tindak pidana lainnya atas diri Rizieq Shihab cs sangat lamban bahkan cenderung diskriminatif. Alasannya laporan polisi PMKRI dkk sudah berjalan hampir 6 bulan akan tetapi hingga saat ini PMKRI belum menerina SPDP sebagai bukti peningkatan tahap pemeriksaan perkara Rizieq Shihab memasuki tahap penyidikan.

“Jangankan SPDP dari Penyidik, untuk sekedar mendapatkan informasi secara tertulis tentang perkembangan hasil penyelidikan sebagaimana Penyidik dalam setiap penyelidikan/penyidikan melaporkan perkembangan hasil penyelidikan/SPPHP kepada Pelapor/PMKRI-pun hingga sekarang belum mendapatkan sama sekali,” lanjut Koordinator Tim Kuasa Hukum PMKRI tersebut.

Petrus menambahkan, PMKRI dan seluruh Tim Kuasa Hukum memaklumi kelambanan penanganan perkara ini karena hampir seluruh kekuatan personil polri selama 6 bulan terakhir dicurahkan untuk pengamanan pilkada DKI Jakarta dan persidangan perkara pidana penistaan agama yang didakwakan kepada Ahok.

“Saat ini pilkada DKI Jakarta sudah usai dan perkara Ahok sudah diputuskan, karena itu sekarang momentumnya Polri untuk segera memulai fokus pada langkah penindakan terhadap Rizieq Shihab dkk. jadikan tersangka dan kenakan penahanan atas diri Rizieq Shihab semi tegaknya hukum terhadap laporan polisi PMKRI dalam kasus penistaan agama Kristen,” imbuhnya.

Sementara itu, Saor Siagian, salah satu Kuasa Hukum PMKRI menegaskan bahwa PMKRI menangkap keinginan publik agar Polri segera melakukan tindakan kepolisian terhadap Rizieq Shihab atas berbagai laporan masyarakat atas sejumlah kejahatan yang disuga dilakukan oleh Rizieq Shihab. Karena itu, PMKRI akan mendesak agar Polda Metro Jaya segera tingkatkan tahap pemeriksaan Rizieq Shihab dari Penyelidikan ke tahap Penyidikan dan segera tetapkan Rizeq Shihab cs sebagai tersangka dan ditahan.

Ia juga menambahkan, jika Polri tidak melalukan tindakan kepolisian dan upaya paksa maka Polri akan dinilai berlaku diskriminatif pada warga negara yang kedudukannya sama di hadapan hukum.

“PMKRI dan TIM Kuasa Hukumnya akan melakukan dialog dengan KAPOLRI dan KAPOLDA METRO JAYA, pada Jumat (12/05/2017) untuk mendapatkan penjelasan dan sekaligus memberikan informasi terkini tentang situasi politik pasca pilkada terkait ekspektasi publik tentang perlunya langkah penindakan terhadap Rizieq Shihab dkk,” tutup Siagian. (KbN Red)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password