breaking news New

Percepat Penanggulangan Kemiskinan, Bupati Dula Launching Basis Data Terpadu

LABUAN BAJO, Kabarnusantara.net – Dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan, Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch Dula launching basis data terpadu penanggulangan kemiskinan, dengan tema Perencanaan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Data Terpadu, pada Senin, 15/5/2017, di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, di Labuan Bajo.

Bupati Dula dalam sambutannya menegaskan pentingnya melihat secara dalam data aspek kesejahteraan sosial, tidak hanya tentang jumlah, tetapi lebih dari itu ditelisik siapa orangnya, di mana mereka tinggal, dan mengapa mereka miskin.

Dengan semakin banyak mengumpulkan data dan informasi yang mendetail, ujar Dula, intervensi kebijakan melalui program dan kegiatan bisa tepat sasaran, sehingga pencapaian Visi RPJMD Kabupaten Manggarai Barat menuju Manggarai Barat yang ramah, maju, dan sejahtera dapat didorong lebih cepat.

Dikatakannya, sesuai UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, pengelolaan data dan informasi menjadi landasan utama yang mencerminkan gambaran umum suatu daerah. Hal itu berkaitan dengan banyak hal, baik tentang permasalahan, isu strategis dan potensi yang dapat dijadikan referensi arah strategi pembangunan dalam perencanaan dan penganggarannya.

Selain mendorong visi tersebut, juga secara otomatis seluruh jajaran pemerintah mendorong terwujudnya misi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menurunnya angka kemiskinan.

“Maka sangatlah penting sinergi antara penguatan koordinasi kelembagaan dan penajaman substansi kebijakan. Itu kunci bagi peningkatan efektivitas penanggulangan kemiskinan,” ujar Dula.

Lebih lanjut dikatakannya, karakteristik dan perkembangan kemiskinan mengharuskan adanya kebijakan yang lebih sistematik, terpadu dan menyeluruh penanganannya, khususnya melalui sinergi antar Pemerintah Pusat, Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan seluruh pemangku kepentingan lainnya.

“Selain memenuhi hak-hak dasar masyarakat, kebijakan itu juga harus dapat diarahkan pada pengurangan beban pengeluaran dan peningkatan pendapatan masyarakat miskin dan rentan miskin,” ungkapnya lagi.

Karena itu, Bupati Dula mengajak seluruh camat dan kepala desa untuk bersama-sama berkomitmen untuk selalu memiliki data-data akurat tentang keluarga miskin di desa masing-masing. Itu dilakukan agar bantuan yang disalurkan benar-benar sesuai peruntukannya.

Menurut Bupati Dula, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk penajaman intervensi penanggulangan kemiskinan, khususnya dengan memaksimalkan pemanfaatan data dan informasi untuk mengembangkan analisis situasi kemiskinan.

Untuk itu, Bupati Dula mengingatkan instansi terkait harus memiliki basis data dan informasi yang berkualitas dan tenaga perencanaan yang terampil dalam menganalisa, serta dukungan politik yang kuat untuk menerapkan proses perencanaan berbasis data dan informasi dalam penentuan kebijakan. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password